Selamatkan Hiu Bersama #SOSharks

by : Mercyella
Posted : December 8, 2016
Kalau ngomongin soal hiu, memang mengerikan, sih. Sebagai salah satu predator, hewan ini terkenal cukup buas. Tapi tahu nggak, kalau daging atau sirip hiu banyak diburu manusia untuk diperdagangkan. Makanya, jumlah populasinya memprihatinkan. Untuk itu, WWF (World Wildlife Fund) mengajak kita semua untuk menyelamatkan Hiu lewat kampanye #SOSharks. Cari tahu lebih banyak yuk!
 
#SOSharks atau Save Our Sharks adalah sebuah kampanye yang bertujuan untuk mengehentikan penjualan hiu di pasar swalayan, toko online dan restoran. Ini juga sebagai upaya menyatukan aksi dan menggalang dukungan publik melalui media-media sosial.
 
Berdasarkan www.traffic.org, faktanya hiu ditangkap dan sebagian besar produk yang diekspor adalah sirip, minyak dan kulitnya. Penangkapan besar-besaran ini diakibatkan oleh tingginya permintaan pasar terhadap produk hiu. Sedihnya, kalau hal ini terus-menerus dibiarkan, dapat menyebabkan terganggunya keseimbangan rantai makanan dalam ekosistem laut. Tentunya juga akan berdampak negatif bagi ketahanan pangan.
 
Sebagai predator teratas, hiu menjadi pengontrol populasi hewan laut. Makanya, hiu berperan penting untuk menyeimbangkan ekosistem laut. Termasuk untuk menjaga kelimpahan ikan-ikan bernilai ekonomis lainnya. Untuk itu, kampanye #SOShark mengajak kita mengambil langkah nyata untuk memerangi penjualan hiu yang marak terjadi.  Salah satunya dengan nggak mengonsumsi atau membeli produk yang terbuat dari bagian tubuh hiu.
 
Asyiknya, kampanye ini bersifat terbuka, lho. Siapa saja bisa ikut berpartisipasi dengan mudah. Caranya, dengan membantu menyebarluaskan kampanye #SOSharks melalui media sosial dan follow salah satu akun media sosial WWF yang ada. Selain itu, kita juga bisa mengajak sahabat atau keluarga untuk berpartisipasi memberikan dukungan dengan mengisi petisi #SOSharks secara online melalui www.change.org/sosharks. Lebih lanjutnya bisa langsung cek www.wwf.or.id/sosharks. Aksi ini telah dijalankan oleh sejumlah public figure, seperti Titi Rajo Bintang, Ringgo Agus, Bondan Winarno, Daniel Mananta dan masih banyak lagi. Editor: Ayu - Foto: Dok. SOSharks
 

  • polling

    World Food Day - 16 Oktober

    Paling suka makan makanan dari negara...

    kata zodiak

    Aquarius

    Aquarius

    Saat sudah siap-siap nge-date, tapi dia membatalkan janji. Sedih!
    Pisces

    Pisces

    Tahan godaan untuk jajan aksesoris. Belum dipakai semua tuh, yang ssudah dibeli.
    Aries

    Aries

    Rumput tetangga memang selalu terlihat lebih hijau. Itulah cobaan hubungan kalian.
    Taurus

    Taurus

    Mulai berjarak karena nggak bisa saling terbuka. Duh!
    Gemini

    Gemini

    Jangan coba-coba selingkuh. Si dia bisa tahu dengan cepat, lho!
    Cancer

    Cancer

    Kamu masih saja sibuk. Hati-hati, konsentrasi terbagi bisa bikin kamu nggak optimal.
    Leo

    Leo

    Super sensitif! Kayaknya, apapun yang dilakukan si dia, salah di matamu.
    Virgo

    Virgo

    Slow income, fast outcome. Sedih, deh.
    Libra

    Libra

    Hayo, mau pilih siapa? Stop plin-plan dan tentukan pilihan.
    Scorpio

    Scorpio

    Lagi banyak salah paham. Bawaannya berantem mulu, nih.
    Sagitarius

    Sagitarius

    Complicated! Terlalu banyak orang ikut campur.
    Capricorns

    Capricorns

    Pengeluaran masih terkontrol. Syukurlah!
     
    Next >   

    More

    Hi  Kamu belum login!