Setelah No Straw Movement, KFC Ajak Masyarakat Terapkan Budaya Beberes

by : Maulida Belliana Putri
Posted : February 22, 2019
Untuk menunjukkan kepeduliannya terhadap lingkungkan, KFC Indonesia bekerja sama dengan Divers Clean Action untuk membebaskan laut dari sampah.
 
Berdasarkan Asosiasi Industri Plastik Indonesia (INAPLAS) dan Badan Pusat Statistik (BPS), sampah plastik di Indonesia mencapai 64 juta ton/ tahun. Sebanyak 3,2 juta ton di antaranya merupakan sampah plastik yang dibuang ke laut.
 
Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar peduli terhadap lingkungan, KFC menghadirkan instalasi KFC untuk Laut Indonesia bersama Divers Clean Action, komunitas penyelam yang memiliki banyak volunteer di Indonesia maupun Asia Tenggara untuk membersihkan pulau-pulau kecil.
 
Swietenia Puspa Lestari, atau yang akrab disapa Tenia, perwakilan komunitas Divers Clean Action, mengatakan bahwa keadaan sampah di laut yang semakin parah membuatnya tergerak mendirikan komunitas yang bekerja sama dengan KFC tersebut.
 
“Sampah plastik, sampah kaca, limbah B3 itu sangat menyedihkan. Hal itu yang membuat saya bergerak untuk komunitas tersebut.
 
Kami menceritakan ke teman-teman dari KFC karena kita juga sempat menemukan beberapa sampah sachet KFC di Kepulauan Seribu. Padahal, nggak ada restoran KFC di sana. Nah, berarti permasalahan sampah ini juga berasal dari kota-kota besar.
 
Bisa saja sampahnya itu larinya dari sungai, lalu berakhir di laut dan berakhir di pulau-pula kecil. Atau bisa juga dihasilkan dari wisatawan. Jadi, misalnya wisatawan datang ke pulau kecil, beli KFC, terus dibawa dan ditinggalkan begitu saja,” kata Tenia.
 
Menanggapi hal tersebut, KFC membuat kampanye #NoStrawMovement yang dilakukan sejak 2017. Hal ini membuat KFC berhasil mengurangi penggunaan sedotan di tiap gerainya.
 
Pada akhir 2017, pengurangan peggunaan sedotan di setiap gerai KFC mencapai 46%. Ketika kampanye tersebut diperluas secara nasional pada Mei 2018, KFC berhasil mengurangi penggunaan sedotan hingga 91%, lho!
 
Di tahun 2019 ini, KFC kembali peduli terhadap lingkungan dengan mengadakan 2 kampanye, yaitu Budaya Beberes dan Pengelolaan Sampah.
 
Dalam program #BudayaBeberes, KFC mengajak konsumen untuk membereskan sendiri sisa makanan dan membuangnya ke tempat sampah. Program ini sekaligus mengajak masyarakat untuk terlibat dalam proses pemilahan sampah. Selain menghasilkan pupuk kompos dari sampah organik di gerainya, KFC juga mendaur ulang sampah non-organik di tiap gerai menjadi buku catatan.
 
Sean Gelael, Pebalap F2 sekaligus Brand Ambassador KFC Indonesia mengungkapkan bahwa kesadaran dalam menjaga lingkungan nggak harus dimulai dengan melakukan sesuatu yang besar. Mengawali dengan hal kecil namun berkelanjutan justru akan memberi dampak yang lebih terhadap lingkungan.
 
“Sebenarnya kita mulainya step by step saja, karena susah juga kan, kalau untuk mengubah semuanya secara langsung. Kita coba pelan-pelan saja untuk coba budaya beberes dan mengurangi memakai sedotan untuk membuat lingkungan kita lebih baik lagi,” ungkap Sean.
 
Editor: Ria Juwita – Foto: Maulida Belliana Putri 
 
Baca juga:

Topic

#Trivia , #EventUpdate , #LifeHacks

polling

Setelah No Straw Movement, KFC Ajak Masyarakat Terapkan Budaya Beberes

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!