Si Awan, Macan Dahan Kalimantan

by :
Posted : February 17, 2012

Walau sudah dikenali sekitar 100 tahun lalu, macan dahan yang berada di Kalimantan ini terbukti adalah spesies baru. Ternyata, macan jenis ini memiliki banyak perbedaan sifat genetik dengan macan dahan yang tersebar di Asia.



Sebelumnya, nama latin macan dahan ini  adalah Neofelis Nebolusa. Namun, setelah mengetahui adanya perbedaan DNA dengan macan serupa, namanya menjadi Neofelis Diardi. Macan jenis ini memiliki corak seperti awan kecil, corak bergaris ganda di sekitar punggung, dan warna abu-abu lebih gelap untuk rambutnya. Sedangkan macan dahan di daerah Asia lain bercorak awan besar, memiliki garis hanya di dekat ekor, dan warna rambut yang cerah.

Habitat macan yang juga disebut Clouded Leopard ini ada di dua tempat, yakni Kalimantan dan Sumatera. Untuk membedakan, mereka diberi nama berdasarkan tempat tinggalnya. Neofelis Diardi Borneensis untuk yang hidup di Kalimantan dan Neofelis Diardi Diardi untuk yang hidup di Sumatera. Biasanya, mereka tinggal di  hutan pantai, rawa-rawa, dan pengunungan. Macan dahan ini bisa bertahan hidup sampai di ketinggian 3000 meter dari permukaan laut.

Konon, macan bercorak awan ini pemalu sehingga sulit ditemui manusia. Warna rambutnya yang gelap, memudahkan mereka menyamar di antara pepohonan. Penyamaran ini digunakan untuk memangsa dan mempertahankan diri. Eh, tapi jangan salah Neofelis Diardi itu menjadi salah satu predator utama di Kalimantan dan Sumatera, lho. Sasaran utamanya adalah kera, rusa, ular, dan mamalia kecil lainnya.

Sayangnya, nih, Macan Dahan Kalimantan dan Macan Dahan Sumatera berada di ambang kepunahan. Oleh lembaga konservasi internasional, IUCN Redlist, keduanya diberi status konservasi “Terancam Punah (Endagered).” Jumlah Neofelis Diardi Borneensis di alam bebas berkisar 5.000 – 11.000 ekor, sedangkan jumlah  Neofelis Diardi Diardi  hanya berkisar 3.000 – 7.000 ekor. Berkurangnya jumlah macan dahan jenis ini diyakini akibat kebakaran hutan pembalakan ilegal, dan perburuan liar. Ayu – Foto: Istimewa





polling

Si Awan, Macan Dahan Kalimantan

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.