#BeATeenpreneur Business of Merchandises

by : Ria Juwita
Posted : July 25, 2016
Penyuka idol grup atau tokoh fiktif di sebuah film pasti pernah beli segala pernak-perniknya. Tapi, tahu nggak, ternyata bisnis ini sangat menguntungkan dan bisa jadi besar, lho! Mau punya bisnis serupa? Caranya seperti ini.
 
Temukan Celah
Ashley Eckstein, pemilik online shop HerUniverse (www.heruniverse.com), yang juga fans berat film Star Wars memutuskan membuat fashion item seputar Star Wars. Ia khususkan buat cewek, karena tahu hanya sedikit yang menjual pernak-pernik Star Wars untuk cewek. “Setiap mencari via online, aku selalu menemukan boys merchandise Star Wars yang dimasukkan ke section cewek,” katanya.
 
Jangan Menyerah
Sebelum Ashley sukses dengan HerUniverse, ia juga pernah merasakan kegagalan. Tapi, karena ia nggak cepat menyerah dan selalu punya rencana, bisnisnya bisa berhasil seperti sekarang. “Jika rencana A gagal, jalankan rencana B. Untuk bisa mendirikan HerUniverse, aku pernah menjalani beberapa rencana, mungkin sampai rencana G.”
 
Kerja Sama Dengan Pihak Besar
Jangan ragu untuk kerja sama dengan pihak besar. Contohnya, Ashley menggandeng LucasFilm (perusahaan yang membuat film Star Wars) untuk menjadi partner-nya. Mereka akhirnya memberikan license ke Ashley untuk menjual produk  secara online. “Awalnya, mereka ingin bukti bahwa fan base Star Wars memang besar. Makanya, aku membuat komunitas dan sempat menjual beberapa merchandise secara langsung ke penggemar.” Sekarang, situs www.heruniverse.com sukses menggaet 200.000 pelanggan setiap bulannya.
 
Kreatif
Supaya merchandise kita menarik, pastikan bikin barang yang berbeda dari lainnya. “Desain yang unik dan keaslian sangat penting untuk menjual merchandise,” kata Amie, salah satu pendiri fanbase band Korea CNBLUE di Indonesia, CNBLUE4INA. “Untuk promosi, biasanya kami juga menggunakan Twitter, yaitu @CNBLUE4INAStore atau @CNBLUE4INA,” ujarnya. Lewat promosi tersebut, CNBLUE4INA bisa menjual merchandise bikinan mereka. Pendapatannya biasa digunakan untuk mendanai fanbase project dan membayar website mereka, www.cnblue4ina.com. Foto: www.refinery29.com
 

polling

#BeATeenpreneur Business of Merchandises

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!