3 Jenis Jerawat & Cara Mengatasinya

by : Sinta Aristianti
Posted : June 16, 2016
Musuh terbesar cewek adalah jerawat! Kamu pasti sering merasa kesal saat tiba-tiba jerawat muncul, terutama di saat waktu yang nggak tepat. Sebelum mengatasinya, ada baiknya kamu kenali dulu jenis jerawatmu, supaya kamu bisa mengambil tindakan yang tepat dan sembuhnya juga cepat!
 
Jerawat memang sering terjadi pada usia pubertas, menjelang menstruasi, apalagi kalau kamu malas membersihkan muka sebelum tidur. Nah, ternyata ada tiga jenis jerawat yang mendominasi keluhan para cewek. Kenali ciri-ciri dan cara mengatasinya, yuk!
 
Jerawat Biasa
Jerawat ini biasanya banyak disebut dengan jerawat nasi. Jenis ini adalah yang paling sering dialami hampir semua cewek. Bentuknya yang kecil dan berwarna putih kemerahan membuatnya mudah dikenali. Timbulnya jerawat ini disebabkan oleh bakteri propionibacterium acne dan juga tersumbatnya pori-pori pada kulit. Kalau dibiarkan dan nggak segera diatasi, jerawat ini bisa semakin iritasi!
Rajin-rajinlah membersihkan muka sebelum tidur atau setelah melakukan aktivitas di luar ruangan. Obati dengan obat jerawat yang mengandung sulfur atau dengan cara alami, misalnya menggunakan bawang putih atau dengan masker oatmeal agar jerawat cepat kering dan nggak meninggalkan bekas di kulit.
 
Jerawat Batu/Cystic Acne
Ciri-ciri jerawat batu adalah benjolan besar yang seperti berada di dalam kulit dan nggak bisa keluar ke permukaan. Jerawat ini lebih merah dari jerawat biasa dan lebih meradang. Jerawat batu timbul karena pertumbuhan sel yang tidak normal, kelebihan produksi kelenjar minyak dan biasanya bersifat genetik.
Disarankan untuk konsultasi ke dokter dan mendapatkan perawatan yang tepat. Kamu juga harus menjaga agar jerawat batu ini nggak tambah parah. Caranya, hindari mencuci muka dengan sabun yang mengandung butiran scrub dan juga saat membersihkan muka dengan kapas pembersih, jangan terlalu digosok.
 
Jerawat Nitrosica
Jenis jerawat ini adalah yang akan menimbulkan lubang pada bekas lukanya. Jerawat Nitrosica biasanya timbul lebih dari satu dan terlihat merah meradang. Kalau masih baru muncul, kamu bisa mengoleskan atau mengompres dengan obat jerawat yang mengandung salicylic acid, agar jerawat segera kering dan nggak semakin iritasi. Tapi bila sudah cukup parah, kamu harus mengobatinya ke dokter agar nggak meninggalkan bekas lubang-lubang pada kulit.
 
 
Editor: Leoni Sihombing – Foto: www.angiegreaves.com
 

polling

3 Jenis Jerawat & Cara Mengatasinya

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!