Ini Dia Penyebab Jerawat dan Minyak Berlebih di Wajah dan Cara Mengatasinya

by : Fransiska Soraya
Posted : June 21, 2017
Pastinya nggak mau dong, wajah kita kelihatan berminyak? Apalagi kalau sampai muncul jerawat. Hiyy! Bikin kita jadi nggak percaya diri, nih. But, no worry! Dengan mengetahui beberapa faktor penyebab dan cara mengatasinya, wajah kita yang kusam akan kembali cerah, nih!
 
Di masa remaja, banyak perubahan kompleks yang terjadi di diri kita, terutama kondisi kulit wajah yang sudah mulai berubah. Jika dibandingkan dengan kulit wajah dewasa, kulit wajah remaja memang memiliki elastisitas yang lebih baik. Perputaran kulit (skin turnover) pun lebih dekat ke normal dibandingkan kulit wajah dewasa.
 
Namun, kulit wajah remaja seperti kita dapat terganggu dengan mudah. Level hormon androgen di kulit kita lebih tinggi, sehingga kulit menjadi lebih berminyak, pori-pori membesar, komedo dan jerawat. Minyak (sebum) pada kulit wajah remaja berbeda dari minyak biasa, karena struktur minyaknya lebih keras, maka minyak tidak mengalir dengan lancar.
 
Banyak faktor yang dapat menjadi penyebab awal masalah kulit wajah pada remaja. Beberapa diantaranya adalah stres, kurang tidur, pubertas, menstruasi, makeup, polusi dan udara lembap. Nah, faktor-faktor tersebut ditambah dengan produksi minyak berlebih di wajah, adanya sel kulit mati yang tidak dapat mengelupas sempurna serta penyumbatan kotoran di wajah merupakan alasan timbulnya jerawat di wajah.
 
Namun, nggak perlu khawatir. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah wajah berminyak dan berjerawat, nih!
 
1. Mengonsumsi buah-buahan
Mengonsumsi buah-buahan bisa membantu menjaga kesehatan kulit wajah, lho. Seperti, jambu biji yang punya kandungan astringent dan antioksidan tinggi, sehingga dapat mencegah munculnya jerawat dan kulit wajah bebas dari minyak berlebih. Lalu, ada pir yang juga mampu memberi efek relaksasi di kulit wajah. Kita juga dianjurkan untuk mengonsumsi nanas yang memiliki kandungan vitamin C  tinggi, sehingga mampu menghilangkan bekas jerawat yang membandel. Selain dikonsumsi, buah-buahan kaya vitamin tersebut juga dapat dijadikan masker wajah, lho! Kamu bisa klik di sini untuk DIY masker alami.
 
2. Menggunakan facial wash yang tepat
Penting sekali bagi cewek aktif seperti kita untuk sering mencuci muka agar wajah selalu bersih dan terbebas dari minyak berlebih serta kotoran yang menumpuk di wajah setelah beraktivitas. Namun, kita nggak bisa asal memilih facial wash. Salah pilih, wajah kita yang dapat menjadi korbannya.
 
Salah satu facial wash yang bisa kita pilih adalah Clean & Clear Essentials Foaming Facial Wash. Busa lembutnya membersihkan minyak dan kotoran secara menyeluruh tanpa membuat kulit menjadi kering. Selain itu, Clean & Clear Essentials Foaming Facial Wash mengandung bahan aktif anti-bacterial yang membantu mencegah jerawat. Lebih dari itu, formula bebas minyak (Oil-Free) yang terkandung di dalamnya bantu mengontrol minyak di wajah hingga delapan jam. Hasilnya, kulit terasa bersih dan halus.
 
3. Menggunakan oil control film
Jika produksi minyak berlebih di wajah nggak terhindarkan lagi, ada baiknya untuk nggak dibiarkan begitu saja. Soalnya, selain menimbulkan kilap di wajah, minyak berlebih tersebut dapat menjadi jerawat. Nah, untuk menyerap minyak berlebih dan menghilangkan kilap pada wajah seketika tanpa merusak makeup, kamu bisa menggunakan Clean & Clear Oil Control Film nih, girls! Kulit bersih dari minyak tanpa kesan mengilap kapan saja & di mana saja.
 
Sebagian bahan: Indah Nainggolan - Foto: Dok. FeminaGroup, Dok. Clean & Clear
 
Baca juga:

Topic

#perawatanwajah , #beautyitem

polling

Life Goals di 2018

Goal-mu di tahun 2018 adalah…

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Saat sudah siap-siap nge-date, tapi dia membatalkan janji. Sedih!
Pisces

Pisces

Tahan godaan untuk jajan aksesoris. Belum dipakai semua tuh, yang ssudah dibeli.
Aries

Aries

Rumput tetangga memang selalu terlihat lebih hijau. Itulah cobaan hubungan kalian.
Taurus

Taurus

Mulai berjarak karena nggak bisa saling terbuka. Duh!
Gemini

Gemini

Jangan coba-coba selingkuh. Si dia bisa tahu dengan cepat, lho!
Cancer

Cancer

Kamu masih saja sibuk. Hati-hati, konsentrasi terbagi bisa bikin kamu nggak optimal.
Leo

Leo

Super sensitif! Kayaknya, apapun yang dilakukan si dia, salah di matamu.
Virgo

Virgo

Slow income, fast outcome. Sedih, deh.
Libra

Libra

Hayo, mau pilih siapa? Stop plin-plan dan tentukan pilihan.
Scorpio

Scorpio

Lagi banyak salah paham. Bawaannya berantem mulu, nih.
Sagitarius

Sagitarius

Complicated! Terlalu banyak orang ikut campur.
Capricorns

Capricorns

Pengeluaran masih terkontrol. Syukurlah!
 
Next >   

More

Hi  Kamu belum login!