5 Cara Ngobrol Soal Seks Sama Ortu

by : Marissa Saraswati
Posted : September 12, 2015
Di usia puber seperti kita, banyak pertanyaan yang muncul soal perubahan tubuh dan hubungan cewek dan cowok. Salah satunya soal seks. Ada banyak sumber informasi yang bisa kita dapatkan seputar seks. Tapi, yang paling tepat dan pas tentunya bertanya sama ortu. Risi? Nggak kok, kalau kita tahu cara yang tepat.
 
1. Pilih orangtua yang tepat.
Karena ini hal yang sensitif untuk dibicarakan, pilihlah orangtua yang menurut kita paling nyaman di antara mama dan papa. Ini bukan berarti kita harus bicara sama Papa karena kita sering curhat sama dia. Kita juga bisa ngobrol soal seks sama Mama. Tapi, bukan juga berarti kita harus membicarakan ini bareng sama mama hanya karena dia cewek. Intinya adalah memilih orangtua yang bikin kita merasa nyaman buat ngobrol soal ini.
 
2. Cari waktu dan tempat yang pas.
Namanya juga bicara tentang sesuatu yang serius, pastinya kita perlu memilih waktu dan tempat yang pas. Pastikan mama atau papa sedang dalam kondisi yang baik untuk bicara soal seks. Kalau bisa, buat janji dulu bahwa kita ingin bicara khusus dengan mama atau papa sehingga mereka bisa fokus sama kita.
 
3. Tunjukkan kedewasaan.
Salah satu kekhawatiran ortu soal pembicaraan seputar seks adalah kita belum cukup dewasa. Makanya, cobalah tunjukkan kedewasaanmu sama mama dan papa. Caranya adalah memastikan kita bersikap bertanggung jawab dan tahu risiko perbuatan kita. Ini bikin ortu lebih nyaman bicara soal seks sama kita.
 
4. Bikin list pertanyaan.
Sebelum mulai pembicaraan, pastikan kita sudah mendata pertanyaan apa saja yang mau kita ajukan. Jadi, kita nggak grogi dan bingung mau ngomong apa. Ajukan pertanyaan dengan jelas sehingga mama dan papa nggak bingung menjawabnya.
 
5. Siapkan alternatif.
Nggak semua ortu bisa diajak bicara soal seks. Makanya, kita harus siap sama kemungkinan terburuk. Jangan patah semangat kalau memang mama dan papa nggak terbuka untuk membicarakan ini. Carilah orang dewasa lain seperti guru bimbingan di sekolah, anggota keluarga lain atau orang lain yang punya pengetahuan buat menjawab pertanyaan kita dan tetap bikin kita merasa nyaman. Editor: Dian Nurlizta - Foto: Vladimir Godnik/fstop/Corbis/ClickPhotos
 
 

polling

5 Cara Ngobrol Soal Seks Sama Ortu

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!