Cara Hadapi Orang Tua Overprotektif

by : Tami Wulandari Nasution
Posted : July 13, 2017
Mempunyai orang tua yang overprotektif nggak melulu jadi hal yang buruk, lho. Sikap orang tua yang overprotektif sebenarnya merupakan bentuk perhatian kepada kita. Namun, kadang-kadang, sikap itu justru membuat kita kesal. Nah, gimana sih, cara menghadapi orang tua yang overprotektif? Ini tipsnya!
 
1. Buktikan Kita Dapat Dipercaya
Kuncinya, jangan berbohong. Tunjukkan ke orang tua kita kalau kita dapat dipercaya, dapat menepati omongan kita dan bisa menjadi orang yang mandiri. Dengan begitu, orang tua kita akan menganggap kita dewasa dan setidaknya akan memberi sedikit kebebasan kepada kita.
 
2. Jelaskan Secara Detail
Saat kita melakukan kegiatan di luar rumah, suka nggak suka, orang tua yang overprotektif akan terus menanyai kabar dan mencari kita. Untuk itu, beri tahukan orang tua kita secara detail mengenai kegiatan yang akan kita lakukan. Jika perlu, selalu beri kabar setiap kita melakukan kegiatan di tempat dan waktu yang berbeda-beda.
 
3. Jangan Abaikan Telepon
Jangan pernah mengabaikan telepon dari orang tua. Jika kita mengabaikan telepon dari orang tua, orang tua akan makin khawatir kepada kita. Namun, jika kita nggak benar-benar menjawab telepon dari orang tua kita, cobalah untuk mengirimkan pesan singkat kalau kita akan menghubungi mereka.
 
4. Berkomunikasi dari Hati ke Hati
Cobalah untuk berkomunikasi dengan orang tua kita dari hati ke hati. Katakan kepada mereka kalau kita sayang mereka dan senang atas perhatian yang diberikan kepada kita. Coba yakinkan orang tua kita kalau kita akan senang didukung oleh orang tua kita, bukan dikhawatirkan.
 
5. Tahan Emosi
Meski terkadang sikap orang tua terkesan berlebihan menjaga kita, ingatlah bahwa orang tua kita yang membesarkan kita hingga saat ini. Jika orang tua marah karena ia khawatir, ingatlah bahwa itu adalah bentuk kepeduliannya kepada kita. Jangan terbawa emosi dan dengarkan nasehatnya.
 
Sudah coba cara di atas, tapi orang tua kita masih saja overprotektif? Yuk, kenali lebih dekat orang tua kita mulai sekarang. Dengan begitu, kita akan tahu apa yang membuat orang tua kita menjadi overprotektif dan bagaimana cara mengatasinya! Editor: Indah Nainggolan - Foto: www.styl.pl
 
Baca Juga:

Topic

#relationship , #family

polling

Cara Hadapi Orang Tua Overprotektif

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!