Kalau Ortu Sering Bertengkar, Lakukan 4 Cara Ini!

by : Priska Zahra
Posted : September 4, 2017
Melihat kedua orangtua saling bertengkar itu, adalah hal yang paling tidak menyenangkan. Awalnya, mungkin terdengar pertengkaran kecil tapi lama kelamaan pertengkaran tersebut malah lebih sering dan membuat keadaan rumah jadi nggak nyaman. Sebelum semuanya terlambat, sebagai anak kita bisa melakukan hal-hal berikut ini!
 
Cari Waktu Yang Tepat Untuk Berbicara
Di saat kondisi ortu sedang bertengkar suasana pasti makin memanas. Apalagi, kedua ortu tampaknya nggak mau saling mengalah satu sama lain. Kalau sudah seperti ini, diamkan mereka sejenak.
 
Kemudian keesokan harinya, cari waktu yang tepat untuk berbicara kepada mereka. Mungkin kita bisa memilih berbicara dengan mama terlebih dulu. Tanyakan padanya secara perlahan sebenarnya masalah apa yang sedang mereka hadapi. Ingat kita tidak boleh men-judge atau memihak di antara keduanya. Usahakan lebih netral, ya.
 
Utarakan Perasaan Kita
Setelah cukup memahami masalah keduanya, ajak mereka berdua untuk duduk bersama-sama. Di situasi tersebut, ungkapkan perasaan kita dan berikan sudut pandang kita kepada mereka. 
 
Katakan pada mereka kalau pertengkaran mereka justru membuat kondisi kita terganggu. Selain itu, kita juga bisa menuliskan surat kepada mereka berdua tentang perasaan kita. Siapa tahu dengan kita mengutarakan perasaan, mereka tidak akan lagi bertengkar.
 
Cari Mediator
Ketika kondisi pertengkaran ortu yang tak kunjung berkurang. Nggak ada salahnya kalau kita mencari seseorang yang bisa dipercaya. Ceritakan padanya tentang permasalahan ortu.
 
Sebaiknya, carilah seseorang yang bisa kita percaya dan ortu juga mengenalnya. Setelah itu, ajak ia untuk memediasi ortu kita. Semua permasalahan pasti bisa diselesaikan kok, asalkan baik-baik.
 
Coba Memahami Ortu
Pahamilah kalau ortu bertengkar memang ada alasannya. Berargumen sesekali itu adalah hal yang wajar. Jangan berpikiran kalau mereka bertengkar terus tandanya mereka akan berpisah.
 
Nggak semua kok, pertengkaran ortu bisa berujung perceraian. Pertengkaran bisa saja terjadi karena mereka memang saling mencintai dan membutuhkan waktu untuk saling mengerti. Foto: www.childcustodyconsultants.net
 
Baca Juga:

Topic

#familylife

polling

Kalau Ortu Sering Bertengkar, Lakukan 4 Cara Ini!

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2020 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!