Tips Hadapi Bullying di Keluarga

by : Maria Delviera
Posted : December 14, 2016
Bullying nggak hanya terjadi di tengah pertemanan, lho. Di lingkungan keluarga, juga bisa terjadi hal ini. Nah, yuk ketahui jenis bullying dan cara menghadapinya berikut ini!
 
Dibandingkan dengan Kakak
Pastinya ortu pernah membandingkan kita dengan kakak atau saudara yang lain. Terutama dalam hal pendidikan. “Dulu, Kakakmu ranking satu, lho. Kita cuma dapat ranking lima besar saja, nih.”  Kedengarannya memang seperti kalimat becandaan, tapi Orangtua suka nggak sadar kalau kalimat itu bikin kita sakit hati.
 
Tips: Ketika hal ini terjadi, lebih baik hadapi dengan santai. Balas juga dengan candaan. Misalnya, “Yah, lima kan, lebih besar dari satu, Ma. Berarti aku lebih hebat dong.”
 
Dipanggil dengan Julukan
Jujur deh, apa nama panggilan di keluarga? Bukan hanya teman, keluarga juga suka memberikan nama julukan. Misalnya, si bontot atau si tembem. Maksudnya, memang panggilan sayang. Tapi, risi juga kalau teman-teman ikut memanggil kita dengan sebutan tersebut.
 
Tips: Bicarakan ke orang rumah. Jangan memanggil nama julukan di depan teman-teman. Jelaskan alasan kita kalau nggak suka dipanggil dengan julukan tersebut. Misalnya, kita malu didengar teman-teman yang lain.
 
Disindir
Siapa, sih, yang senang kalau disindir? Pastinya kesal. Nah, tapi gimana kalau yang menyindir itu adalah keluarga kita? Nggak mungkin kita marah-marah ke mama atau papa. Biasanya sih, kakak atau adik yang menyindir untuk make fun of us alias sebagai guyonan. Contoh, “Adik sekarang sudah punya pacar. Jadi setiap pulang sekolah dia pacaran dulu, tuh.”
 
Tips: Jangan ambil hati dari sindiran tersebut. Saat disindir lebih baik kita sabar. Jangan ditanggapi secara berlebihan karena justru bisa semakin disindir. Kalau disindir kita balikan saja, “Iya dong, memang kakak doang yang bisa pacaran di kantin.” Kalau seperti ini, suasana jadi semakin cair. Ayu – Foto: Dok. 123RF

polling

Tips Hadapi Bullying di Keluarga

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!