Jakarta Fashion Week Resmikan Kerjasama dengan Korea Model Association

by : Veni C. Talimbo
Posted : June 11, 2018
Jakarta Fashion Week (JFW) terus mengeksplorasi pembinaan berbagai bidang di dunia mode. Sejak awal penyelenggaraannya di tahun 2007, JFW telah bekerja keras untuk menghasilkan program-program yang tidak hanya dapat memuaskan para pencinta fashion, tetapi juga memberi kontribusi yang berarti bagi industri mode Tanah Air. Tidak hanya dari kalangan desainer, profesi model juga tidak luput dari rentetan pembinaan dan sorotan yang semakin meningkatkan kualitas dan gengsi dunia model.
 
Jakarta Fashion Week Model Search (JFW Model Search) telah rutin diselenggarakan sejak tahun 2012. Tahun 2017 lalu, JFW untuk pertama kalinya digaet oleh Korea Model Association. Organisasi model asal Korea Selatan ini membuka gerbang menuju Asia Model Festival bagi para peserta JFW Model Search
 
Melirik besarnya potensi talenta model Indonesia serta profesionalitas Jakarta Fashion Week sebagai kurator bakat dengan panggung terbesar di Asia Tenggara, Korea Model Association akhirnya meresmikan kerjasama melalui Nota Kesepahaman yang telah ditandatangani pada 4 Mei 2018. Penandatanganan ini dilakukan oleh Ai Syarif (Creative Advisor Jakarta Fashion Week), Yang Eui Sig (Chairman of Asia Model Festival), dan Kim Jeong Ho (CEO Ad Haus) yang terafiliasi dengan Korea Model Association.
 
Dengan demikian, JFW menjadi kanal resmi untuk menyalurkan talenta model ke ajang internasional tersebut, termasuk untuk menominasikan penghargaan Indonesia Model Star. Setiap tahunnya, melalui JFW Model Search, Indonesia akan mengirimkan lima orang peserta sebagai Face of Indonesia untuk bersaing dengan peserta dari setidaknya 27 negara lain di Asia.
 
Para model yang akan diberangkatkan pun digembleng ketat oleh tim dari Jakarta Fashion Week dan Femina Group yang sudah banyak mencetak model kenamaan melalui GADIS Sampul dan Wajah Femina. Gemblengan ini tidak hanya mengasah bakat, namun juga karakter dan profesionalisme model disertai pembinaan dari Korea Model Association. Selama ajang Asia Model Search, tidak hanya menarik decak kagum dewan juri untuk menjadi model terbaik, para peserta juga harus dapat menarik perhatian para sponsor untuk membuktikan nilai bakatnya bagi bidang komersial.
 
Tahun 2017 lalu, lima talenta model muda nasional hasil kurasi JFW Model Search bersinar sebagai Face of Indonesia di ajang yang diselenggarakan di kota Seoul tersebut. Mereka adalah Bianca Fischer, Michelle Frendiaz, Evanny Wityo, Lie Buntaran, dan Adrianus Yudha.
 
Bianca menjadi Pemenang Wanita Pilihan Oracle dan Top Ten Best Female Model, Michelle menyabet Pemenang Wanita Pilihan Haniwon, Lie Buntaran menjadi Pemenang Pria Pilihan Liu & Lei dan Top Ten Best Male Model, Adrianus Yudha terpilih sebagai K-Friends dari Visit Korea, serta Evanny Wityo menjadi Pemenang Wanita Pilihan Ara Clar dan K-Friends dari Visit Korea. Tidak tanggung-tanggung pula, Wita Juwita, Face of Jakarta Fashion Week, menyabet gelar Indonesia Model Star.
 
JFW Model Search 2018 dilangsungkan di empat kota, diawali di Surabaya (17-18 Maret  2018), Yogyakarta (21-22 Maret 2018), Medan (21-22 April 2018), dan Jakarta (2-3 Mei 2018). Surabaya diwakili oleh Catarina Putri Amelia, Agripina Belinda, Hyuga Samuel Babu, Adam Rosydi, Flo, dan Padi Gumilang. Sementara itu, Agnes Natasya Tjie, Nadia Sellynda, Tri Lestari, Husein Al Aziz, Kevin Soebandy, dan Rwin Allen lolos sebagai finalis regional Yogyakarta. Medan mengirimkan Chaterine, Febby, Jasmine, Felix, Hafiz, dan Julio sebagai talenta  terbaiknya. Terakhir, Jakarta mendaulat Shynka, Kezia Margaretha, Aurelia Lanita, Rafael Luis Belos Camasosa, Eugene Kharisma, dan Reynaldi Rifaldo sebagai finalis regional ibu kota.  
 
Medan dan Jakarta mendapat keistimewaan berupa tambahan wild card, di mana model yang mendapatkannya berhak secara otomatis untuk tampil di Jakarta Fashion Week. Dari Medan, peraihnya adalah Michelle, Calista, dan Iwan. Sedangkan dari Jakarta, dipilihlah Elsa Hilman, Jazz Rowe, Iqbal Muzaky, dan Charles Huang. Selain memilih wild card, dipilih pula dua model untuk menjadi wajah kampanye promosi JFW 2019 dari para finalis, yaitu Adam Rosydi dan Agnes Natasya Tjie.
 
Untuk ajang Asia Model Festival 2018, Agnes Natasya Tjie, Ayu Luthfiani, Octavia Andhika Berlian, Hyuga Samuel Babu, dan Husein Abdul Aziz terpilih menjadi pengemban gelar Face of Indonesia. Di ajang tahun ini, Bian, sapaan Octavia Andhika Berlian, menyabet gelar GIFTO Social Media Award dan Top Ten Best Female Model. Sementara itu, Indonesia Model Star tahun ini dianugerahkan pada model yang dikenal dengan karakter androgininya, Chloe Clau.
 
Ini bukan kali pertama Jakarta Fashion Week melakukan kolaborasi dengan Korea Selatan. “Kami juga sudah beberapa tahun belakangan ini bekerjasama dengan Korean Cultural Center (KCC), Korea Creative Content Agency (KOCCA), dan  Korean Foundation for International Cultural Exchange (KOFICE). Bentuk kolaborasinya macam-macam, mulai dari edukasi hingga platform exchange, di mana desainer Indonesia dapat tampil di pekan mode Korea dan desainer Korea Selatan juga mendapat panggung di Jakarta Fashion Week. Hal ini bagus sekali, mengingat tren Korean Wave juga masih kuat di Indonesia,” ungkap Lenni Tedja, Direktur Jakarta Fashion Week.
 
Tahun ini, direncanakan bahwa ketiga institusi Negeri Ginseng tersebut juga masing-masing akan menyuguhkan sajian acara untuk JFW yang dicanangkan digelar tanggal 20-26 Oktober 2018 mendatang.
 
Editor: Ria Juwita - Foto: Dok. Jakarta Fashion Week
 
Baca juga:

Topic

#fashionupdate #JakartaFashionWeek

polling

Jakarta Fashion Week Resmikan Kerjasama dengan Korea Model Association

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.