Angkat Tema Borderless, Dewi Fashion Knights 2019 Kembali Hadirkan 4 Kesatria Mode

by : Audrey Natasha Meyer
Posted : October 11, 2019

Menjadi bagian dari ajang mode terbesar se-Asia Tenggara, Jakarta Fashion Week 2020, Dewi Fashion Knights 2019 (DFK) kembali hadirkan koleksi karya 4 Kesatria Mode andalannya. Mengusung tema “Borderless”, DFK 2019 akan menjadi pagelaran penutup dari event Jakarta Fashion Week 2020 yang akan dilaksanakan pada 19 – 25 Oktober 2019.

Pemilihan  tema “Borderless” untuk DFK 2019 bukanlah tanpa alasan. Margaretha Untoro selaku Editor in Chief Dewi Magazine menjelaskan bahwa pemilihan tema “Borderless” merupakan penggambaran dari fenomena yang sedang happening di masa ini.

“Hal ini menggambarkan dunia tanpa batasan atau stigma. Bagaimana dunia melebur jadi satu. Kita bisa lihat melalui teknologi yang telah meruntuhkan beragam batasan. Begitu pula dengan gender yang menjadi fluid dan sudah tak bisa lagi dikotak-kotakkan,” jelasnya.

Ingin menginterpretasikan arti “Borderless” lewat tangan para designers kenamaan Indonesia, DFK 2019 mempersembahkan 4 Kesatria Mode terpilih di tahun ini. Nama-nama tersebut ialah Mel Ahyar, Auguste Soesastro, Jeffry Tan, dan juga Adrian Gan.

Masing-masing dari tiap Kesatria Mode pilihan tersebut tentunya memiliki perspektif dan caranya masing-masing dalam mengartikan tema “Borderless”. Satu di antaranya ialah Auguste Soesastro yang banyak memberikan sentuhan modern namun masih menuangkan unsur keaslian pada karyanya.

“Dengan tidak adanya batasan gender, usia, bahkan waktu pada fashion, membuat saya bisa mengeksplorasi banyak elemen dan materi yang belum pernah sebelumnya saya padukan. Untuk itu, saya akan menampilkan banyak elemen sportswear, terinspirasi dari active wear dan classic sports,” ungkap Auguste.

Menonjolkan keunikan dan ketidaksempurnaan pada karyanya, Mel Ahyar memilih untuk menghadirkan 16 karakter yang berbeda lewat karya “Borderless” miliknya.

“Tema koleksi saya adalah Skins. Saya bercerita tentang media sosial dan kesehatan mental. Skins menjabarkan karakter-karakter yang ada di media sosial,” tuturnya.

Pada kesempatan ini Jeffry Tan lebih ingin memadukan beberapa unsur menjadi sebuah satu kesatuan, yakni elemen laki-laki dan perempuan, structured dan fluid, geometrik dan spiral, tenun tradisional, hingga bahan material industri.

“Semua itu digabung dengan karakter saya yang maskulin dan tailored, sehingga lahirlah satu tampilan untuk wanita urban yang modern dan dinamis. Saya juga  mengeksplor beberapa hal di luar zona nyaman yang tertuang dalam aksesori dan pola pada celana maupun lengan yang belum pernah saya eksplor sebelumnya,” ujarnya.

Menjadikan kain Ulos Batak sebagai center of the creation, Adrian Gan hendak menampilkan nuansa yang lebih modern lewat bahan dan detail pilihannya dengan tujuan memberi kesan kekinian nan wearable.

“Panggung DFK memungkinkan saya untuk menampilkan karakter yang sebenarnya. Koleksi ini adalah sebuah bentuk dari apa yang selama ini ingin saya buat dan belum pernah ditunjukkan. Kebetulan, saya suka sekali dengan kain-kain tradisional, terutama kain-kain Indonesia yang sangat kaya motif dan makna,” kata Adrian.

Wah, semakin nggak sabar untuk melihat hasil karya dari keempat Kesatria Mode di panggung DFK 2019, ya, girls? Eitss… sabar dulu, karena DFK 2019 akan segera hadir pada 25 Oktober 2019, sebagai fashion show penutupan dari Jakarta Fashion Week 2020.

Editor: Indri Wulandari – Foto: Dok. Instagram @dewimag

Baca juga:


Topic

#FashionUpdate

polling

Angkat Tema Borderless, Dewi Fashion Knights 2019 Kembali Hadirkan 4 Kesatria Mode

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!