Hulontalo, Koleksi Kental Budaya Dari Binus Northumbria School of Design

by : Audrey Natasha Meyer
Posted : October 25, 2019
Berlangsung pada 25 Oktober 2019 di Fashion Tent, Senayan City, Binus Northumbria School of Design kembali angkat budaya Indonesia di Jakarta Fashion Week 2020. Kali ini pagelaran bertajuk “Hulontalo, Seruan Dari Utara” karya para mahasiswa Binus Northumbria School of Design berhasil pukau para fashion enthusiast, lho!

Terinspirasi dari keindahan budaya Gorontalo, para mahasiswa Binus Northumbria School of Design bawa keindahan sulaman Karawo, burung maleo serta hiu paus yang eksotis, hingga bentang alam dan arsitektur menawan pada fashion show bertajuk “Hulontalo, Seruan Dari Utara”.

Terdiri dari 48 koleksi ready-to-wear, busana yang ditampilkan pada fashion show kali ini bernuansa kontemporer dan dekat dengan tren anak muda. 

Pada kesempatan ini, Julia Dian dan Ian Hugen menampilkan koleksi bertajuk “Berontak 1942”. Di koleksi ini, keduanya menuangkan potret tentang hari kemerdekaan dari suku-suku di Gorontalo pada masanya. Menggambarkan kerja keras dan semangat meraih kebebasan, koleksi ini nampak rebellious banget, girls!

Lain pula dengan koleksi berjudul “Kontinu” milik Karen Jeshanah dan Owen Kumala yang serba elegan. Mengutamakan konsep duality dari elemen geometris dan organik, koleksi ini menginterpretasikan keindahan Gorontalo lewat pemilihan kain, palet warna, siluet, juga detail yang kontras satu dengan yang lain. Menampilkan sturktur yang simetris, karya ini melambangkan kekhasan dari Gorontalo, berupa burung maleo dan hiu paus. 

Tidak hanya memamerkan busana bagi orang dewasa, fashion show ini juga menampilkan koleksi kidswear menggemaskan bertajuk “Ulo”, nih!

Kata “Ulo” atau “Udu’Olo” yang berarti “Terima Kasih” dalam bahasa Gorontalo ini dipilih oleh Ikyu Esjepe dan Joceline Salvia karena ingin menghadirkan kekayaan alam dan budaya yang mengagumkan dari Gorontalo. Keindahan tersebut kemudian dirangkum oleh keduanya lewat pemilihan warna-warna vibrant dan teksur unik pada presentasinya. 

Turut terinspirasi oleh gerakan komunitas Gorontalo yang membentuk para rakyatnya hingga kini, Azizah Aninda dan Janyfer Kwik tampilkan koleksi bernama “Daha”. Berarti “Melindungi” dalam bahasa Gorontalo, “Daha” identik dengan siluet yang terinspirasi oleh pakaian era penjajahan BelandaDetail dan warna yang dipilih pada koleksi ini mencerminkan hiu paus dan interior dari masjid Hunto Sultan Amay, masjid pertama di Gorontalo. 

Beralih ke “Vein”, karya milik Nadya Tjong dan Ayla Putri yang berakar dari filosofi pembuluh vena di tubuh manusia. Membawa energi keseluruh tubuh dan akan mengarah kembali ke jantung untuk mengulangi proses dari awal, koleksi ini pun diharapkan mampu menyiratkan pesan dari keterikatan seluruh makhluk hidup di Gorontalo. Melibatkan bold cutting, karya ini diterjemahkan dengan siluet feminin serta detail berupa mutiara dan sulaman. 

Tak kalah menarik, koleksi karya Maharani Yolanda dan Stefani Verlinda yang diberi nama “Daily Weird” juga sangat eksentrik. Mengambil inspirasi dari daily wear masyarakat Gorontalo, koleksi ini penuh dengan layering style ala nelayan. Mencerminkan pemandangan alam Gorontalo pada motif-motifnya, busana dari “Daily Weird” tampak nyentrik, playful, sekaligus trendy.

Editor: Indri Wulandari - Foto: Audrey Meyer
 


Baca Juga: 

Topic

#FashionUpdate , #EventUpdate

polling

Love Language

Seperti bentuk bahasa kasih sayangmu?

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2020 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!