Koleksi Musim Kemarau 2019 Sejauh Mata Memandang Ditampilkan Bersama dengan Pameran Laut Kita

by : Nadyne Ovinda Adityasari
Posted : April 22, 2019

Memperingati Hari Bumi yang setiap tahunnya jatuh pada 22 April, Sejauh Mata Memandang (SMM) meluncurkan koleksi musim kemarau 2019 bertema Laut Kita, nih! Tidak hanya itu, dengan tema yang sama, SMM juga menggelar pameran dan instalasi desain di Plaza Indonesia, Level 2 dari tanggal 22 April-16 Juni 2019.

Sebagai brand fashion lokal yang menawarkan konsep slow fashion, SMM tidak hanya memperkenalkan keunggulan kualitas desain dan nilai estetika saja, juga dari segi rancangan produk yang tidak lekang oleh waktu (timeless) serta penggunaan bahan yang ramah lingkungan.

Melalui hal ini, SMM mengedukasi konsumen bagaimana cara menikmati, menggunakan, dan meningkatkan masa pakai sebuah produk mode. Produk-produk yang diciptakan juga membawa misi untuk membangun kesadaran konsumen akan isu-isu sosial dan lingkungan yang terjadi. Wow! Keren ya, girls.

Koleksi Laut Kita melambangkan sebuah doa dan aksi langkah nyata untuk berterima kasih kepada bumi. Koleksi ini mengangkat motif-motif berbentuk bunga-bunga dasar laut dan riak-riak ombak di tepian samudera dalam warna-warna alam seperti indigo, pastel pink, merah, dan putih. Teknik yang digunakan untuk menciptakan motif tersebut adalah teknik batik tulis dan cetak saring tangan karya perajin lokal, lho!

Chitra Subyakto, Founder & Creative Director SMM menjelaskan, “Melalui kampanye Laut Kita, SMM mencoba untuk memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dan menjaga lingkungan. Sebagai brand lokal, SMM juga memiliki tanggung jawab untuk mengubah pola dan gaya hidup konsumerisme dan apa yang menjadi kebutuhan manusia modern.”

Pameran dan Instalasi Desain Laut Kita terselenggara berkat dukungan Plaza Indonesia yang memiliki komitmen turut serta dalam gerakan positif generasi muda untuk Indonesia menjadi lebih baik.

Melalui kampanye Laut Kita ini, SMM bekerja sama dengan GIDKP (Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik) untuk mengajak masyarakat mengurangi dan lebih bijak dalam menggunakan kantong plastik. Indonesia termasuk dalam lima negara penyumbang sampah plastik terbanyak di dunia, di mana sebanyak 3.200.000 ton sampah plastik setiap tahunnya dibuang ke laut Indonesia.

Sekitar 1.400-1.600 ton sampah plastik yang dibuang setiap harinya seperti alat makan plastik, plastik kemasan, kantong plastik, botol plastik, sedotan, dan jenis plastik sekali pakai lainnya.

Fakta ini membuat kita harus membuat langkah nyata untuk membuat masyarakat sadar dan mulai berubah. GIDKP merupakan komunitas nasional yang memiliki misi untuk mengajak masyarakat agar lebih bijak menggunakan kantong plastik, dengan melakukan edukasi secara konsisten kepada masyarakat baik melalui media sosial ataupun secara langsung.

Tiza Mafira, Direktur Eksekutif GIDKP menyampaikan, “Banyak fakta yang menakutkan terkait dengan sampah plastik di negeri ini. Dari 100% sampah plastik yang ada hanya 10% yang dapat di daur ulang, dan sekitar 40% berakhir di sungai, kanal, dan laut.

Saya sangat senang dapat terlibat di kampanye Laut Kita, melalui kegiatan ini kami akan memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai dampak buruk sampah plastik, tidak hanya bagi lingkungan tetapi juga manusia dan ekosistem yang hidup di dalamnya. Kita semua harus menjadi bagian untuk menyelamatkan bumi dari kerusakan.”

Pameran ini bekerja sama dengan Felix Tjahyadi selaku konseptor pameran dan GIDKP. Menghadirkan karya fotografi dan video dari beberapa kolaborator seperti Jay Subyakto, Davy Linggar, Jez O’Hare, Dian Sastrowardoyo, Nicholas Saputra, dan Tulus.

Pameran ini tentunya terbuka untuk umum. Menghadirkan enam area instalasi desain di mana masing-masing area memiliki konsep, cerita, dan filosofi yang berbeda-beda dengan melibatkan beberapa kolaborator. Enam area instalasi tersebut adalah:

Area 1 Keindahan Alam Indonesia: Sejauh Mata Memandang dan Felix Tjahyadi menampilkan instalasi desain dari kumpulan foto-foto, video dokumentasi, dan narasi keindahan Indonesia karya dari kolaborator Dian Sastrowardoyo, Nicholas Saputra, Jay Subyakto, dan Jez O’Hare.

Area 2 Polusi Plastik: Ruangan ini akan menampilkan fakta dan data dalam bentuk infografik yang atraktif dan instalasi tentang penggunaan jumlah plastik sekali pakai, dilengkapi dengan latar belakang suara yang diciptakan oleh Tulus. Area ini juga akan menjadi ruang utama di mana akan digelar program mingguan seperti kelas seminar dan workshop.

Area 3 Instalasi Bawah Laut: Ruang ini akan menampilkan instalasi yang menggambarkan dampak dan kondisi bawah laut kita jika penggunaan plastik sekali pakai terus bertambah.

Area 4 Ruang Ajakan: Dalam ruang ajakan ini, karya Davy Linggar bersama dengan beberapa pekerja seni dan aktivis tentang ajakan untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai akan ditampilkan melalui proyeksi video.

Area 5 Ruang Solusi: Di ruang kelima pameran dan instalasi Laut Kita, akan disajikan solusi untuk mencegah dan meminimalisir limbah plastik sekali pakai.

Area 6 Ruang Janji: Untuk berinteraksi dengan pengunjung, pada ruangan ini akan ada pledge wall di mana setiap pengunjung dapat berfoto dan menuliskan janji mereka untuk menyelamatkan bumi.

Selain menampilkan instalasi desain, pameran ini juga akan menjual beragam produk Sejauh Mata Memandang dan produk ramah lingkungan. Hasil dari penjualan produk ramah lingkungan ini akan disalurkan untuk program edukasi bebas plastik pada sekolah di kawasan pesisir Indonesia.

Setiap pembeli produk Sejauh Mata Memandang juga akan mendapatkan satu paket sedotan bambu beserta dengan pembersihnya sebagai bentuk ajakan bagi pembeli untuk ikut serta mendukung kampanye laut kita. Editor: Leoni Sihombing – Foto: Dok. Sejauh Mata Memandang

Baca juga:


Topic

#fashionupdate , #fashionitem

polling

Koleksi Musim Kemarau 2019 Sejauh Mata Memandang Ditampilkan Bersama dengan Pameran Laut Kita

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.