Bahas Bahasa dari Barasuara

by : Filani Olyvia
Posted : January 29, 2016
Meski baru resmi merilis album perdana mereka di akhir 2015 lalu, Barasuara sudah merebut perhatian para penikmat musik Indonesia dengan cepat. Apresiasi terhadap genre musik mereka yang unik dan fresh seperti nggak ada hentinya. Lalu, apa sebenarnya keistimewaan band bikinan Iga Massardi (vokal/gitar) yang beranggotakan Cabrini Asteriska Widiantini (vokal), Puti Chitara (vokal), Marco Steffiano Handoko (drum), Gerald Situmorang (bass) dan T.J. Kusuma (gitar) ini?
 
GADIS (G): Hallo! Apa kabar?
Barasuara: Hai… Baik, DIS!
 
G: Kabarnya, Iga sudah menyiapkan band ini sejak 2012, ya? Kenapa akhirnya baru resmi rilis Oktober 2015 lalu?
Iga Massardi (IM): Soalnya, proses pembuatan lagu-lagu di album perdana kami, Taifun (2015) memang butuh waktu nggak sebentar. Proses latihannya juga butuh waktu lama. Jadi menurut saya, dua sampai tiga tahun adalah waktu paling pas buat membentuk Barasuara, sebelum akhirnya resmi dirilis di muka umum.
 
G: Apakah Iga sempat mengalami kesulitan buat menentukan personel yang tepat buat Barasuara?
IM: Proses pemilihan personel nggak berlangsung lama, kok. Kami semua memang sudah saling kenal sebelumnya, cuma memang belum pernah berada dalam satu proyek musik yang sama saja. Pandu Fuzztoni, gitaris Morfem memang sempat jadi salah satu calon kuat. Tapi karena jadwalnya padat, keputusan jatuh kepada Gerald Situmorang, yang tadinya bermain gitar terus dipaksa buat bermain bass di Barasuara. Hihihi…
 
G: Mengapa memilih lagu Bahas Bahasa jadi singel utama?
T.J. Kusuma: Pada dasarnya, kami pilih Bahas Bahasa jadi singel utama, karena menurut kami lagu ini adalah salah satu lagu di album Taifun yang paling menarik buat didengar. Nada-nada di dalam lagunya paling catchy ketimbang yang lain. Teman-teman sesama musisi yang pernah dengar lagu Barasuara juga bilang bahwa Bahas Bahasa adalah salah satu lagu favorit mereka.
 
G: Terus, apa makna dibalik lagu Bahas Bahasa itu sendiri?
IM: Bahas Bahasa itu seperti gambaran hubungan sosial manusia saat ini. Seperti cara berkomunikasi kita yang selalu mengalami metamorfosis dari zaman ke zaman. Dari yang dulu cuma bisa surat-menyurat, sekarang semuanya bisa dengan cepat berkomunikasi lewat texting free app. Sedikit banyak, proses itu pasti mengubah sikap, budaya juga esensi kita dalam berkomunikasi. Bagi kami, komunikasi tatap muka selalu punya kedekatan sendiri.
 
G: Wah, dalam banget, ya… Sejauh ini, pengalaman manggung yang paling asyik dimana, nih?
T.J.: Setiap panggung selalu berkesan, sih. Tapi yang paling berkesan menurut kami adalah Konser Taifun yang digelar di Rossi Musik, Jakarta, 22 Oktober 2015 lalu. Buat saya pribadi, Konser Taifun seperti salah satu keindahan hidup. Hihihi… Saya bahkan sempat kaget waktu manggung di Garut beberapa waktu lalu. Ternyata, sudah banyak yang dengar musik Barasuara.
 
Masih penasaran dengan keistimewaan lainnya yang dimiliki Barasuara? Baca cerita lengkapnya di Majalah GADIS No. 05, edar 28 Februari 2016. Editor: Fransiska Soraya - Foto: Previan F. Pangalila
 

polling

Bahas Bahasa dari Barasuara

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2020 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!