Cerita The Overtunes berkolaborasi dengan Monita Tahalea di Lagu Bicara

by : Monique Oktaviannie Hartono
Posted : September 23, 2018
Lagu Bicara menjadi lagu kolaborasi antara The Overtunes dengan Monita Tahalea yang cukup diandalkan dalam album baru The Overtunes, Memories Made, yang baru dirilis 31 Agustus lalu. Kolaborasi ini pun menjadi kolaborasi pertama bagi ketiga saudara yang aktif berkarya sejak 2013 itu.
 
Adanya kolaborasi ini menjadi tantangan tersendiri yang juga menjadi pengalaman yang tidak terlupakan bagi trio yang terdiri dari Mikha, Mada, Reuben itu. “Buat aku lumayan memorable karena pertama kali duet. Jadi, memang kayak saling mencocokkan dan mendiskusikan pembagian suara. Sebelumnya hal itu nggak pernah ada dalam proses kami (The Overtunes) rekaman,” ujar Mikha.
 
Sama seperti The Overtunes, Monita menuturkan bahwa dirinya juga senang dalam mencocokkan posisinya dalam kolaborasi bersama Mada, Reuben, dan Mikha, “Sama sih serunya saat mencocokkan pembagian suara sambil mendengarkan bagian mereka menyanyi.
 
Aku juga harus tahu ekspektasi mereka untuk lagu ini tuh, apa. Walaupun aku punya keinginan tersendiri, tapi kan, ini lagu mereka. Ada pesan tertentu yang ingin mereka sampaikan. Proses rekamannya juga seru. Aku seperti masuk ke dunia mereka,” ujar cewek yang pernah mengikuti ajang Indonesian Idol di tahun 2005 itu.
 
Meskipun keduanya mengaku merasa senang dalam melakukan kolaborasi ini, The Overtunes dan Monita menuturkan ada sedikit kesulitan dalam menyesuaikan nada dalam lagu ke-2 dalam album Memories Made (2018) tersebut.
 
“Harus pindah nada dasar dari semula. Karena nada kita (The Overtunes) ada yang kerendahan dan ketinggian. Menyesuaikan dengan range vocal Kak Monita sama kita, itu yang membuat kita harus rekam ulang. Tapi, nggak masalah, sih. Jadi, saat di studio, kita rekam lagi untuk pindah nada dasarnya,” jelas Reuben.
 
Lagu Bicara merupakan lagu pop akustik yang menceritakan mengenai pembicaraan antara cewek dan cowok yang saling menyatakan cintanya. The Overtunes yang menulis lagu ini pun mengatakan bahwa inspirasinya dalam menulis lagu datang dari kehidupan sehari-hari.
 
“Yang pasti inspirasi itu ada setiap hari. Kadang-kadang. kita tidak mesti mencari inspirasi karena banyak hal yang memang sudah banyak yang terjadi di dunia,” kata Mikha.
 
Sedangkan menurut anak ke-3 dari 4 bersaudara itu, lagu Bicara ini dibuat secara spontan. “Kalau buat lagu Bicara, nggak berdasarkan cerita nyata atau sejenisnya. Cuma lirik lagu Bicara didapat dari kata-kata yang keluar saja waktu nulis,” tambahnya.
 
The Overtunes sendiri memilih Monita sebagai pengisi “dialog” di bagian refrain Bicara karena ternyata para personel The Overtunes merupakan penggemar Monita Tahalea sejak lama, lho! Selain itu, menurut mereka, lagu Bicara juga dinilai cocok jika dibawakan dengan adanya sentuhan suara penyanyi cewek.
 
“Mungkin karena sudah pernah dengar lagu Kak Monita dulu kali, ya. Kita semua menyesuaikan dengan kebutuhan (nada) lagunya, seperti nada gitar bagaimana, nada bass-nya bagaimana. Kita tahu bahwa ini refrain-nya harus dinyanyikan sama perempuan untuk mengerti ceritanya.  
 
Karena itu kan, dialog. Tapi, setelah itu juga ada faktor karakter musiknya. Karakter vokalis seperti apa yang cocok buat lagu ini. Waktu itu pilihan pertama memang Kak Monita,” ujar Reuben.
 
The Overtunes dan Monita pun terdengar setuju ketika ditanya apakah ingin melakukan kolaborasi lagi di waktu yang akan datang. “Seru, sih! Boleh juga nih, kalau kita bikin lagu bareng lagi kapan-kapan,” ajak Monita.
 
“Ya, kita bakal nulis lagu bareng lagi kapan-kapan,” sahut Reuben.
 
Wah, berarti kita bisa mengharapkan kolaborasi antara The Overtunes dan Monita Tahalea lagi nih, untuk ke depannya. Siapa yang siap menunggu kolaborasi ke-2 dari grup band bersaudara ini dengan Monita?
 
Buat yang belum sempat mendengarkan lagu dan nonton music video Bicara, tonton di bawah ini, yuk!
 

 
Editor: Ria Juwita - Foto: Dok. Instagram theovertunes
 
Baca juga:

Topic

#TheOvertunes , #MonitaTahalea , #MusicUpdate