Ini Dia Cerita di Balik Soundtrack Film “Bebas”

by : Audrey Natasha Meyer
Posted : October 19, 2019
Sudah menonton film Bebas” (2019) dan #ReuniDiBioskop, belum? Film yang diadaptasi dari film Sunny” (2011) ini rasanya nggak akan lengkap tanpa adanya official soundtrack yang mempertegas suasana pada tiap scene-nya. Lewat press conference yang diadakan tanggal 15 Oktober 2019 lalu, Miles Film bersama dengan Musica Studio menceritakan lebih dalam tentang dua soundtrack pada film ini. 
 
Sama seperti judul filmnya, lagu yang menjadi ikon dari film ini ialah single Bebas” milik rapper Iwa K, yang sempat jadi hits di tahun 1990-an. Ingin menghadirkan nuansa yang berbeda, lagu ini di-remake dengan versi yang lebih fresh.
 
Melibatkan Iwa K dan para cast remaja dari film “Bebas”, yakni Sheryl SheinafiaAgatha Pricilladan Maizura, lagu ini sukses membuat para penonton terngiang-ngiang setiap kali mendengarkannya.
 
“Awal ketemu mas Iwa K aku senang banget karena aku udah sering cover lagu ‘Bebas’ ini selama setahun terakhir, bahkan sebelum aku dapat peran di film,” ungkap Sheryl Sheinafia saat mengetahui dirinya akan ikut terlibat dalam versi terbaru dari lagu Bebas”.
 
Selain SherylMaizura pun mengaku sangat excited saat harus berkolaborasi dengan Iwa K dalam membawakan lagu yang hits di tahun 90-an ini.
 
“Di lagu ‘Bebas’ (new version) ada penambahan bait yang nggak ada di lagu ‘Bebas’ sebelumnya. Karena aku sudah terbiasa mendengarkan Iwa K nge-rap di lagu ini, aku agak kagok saat harus menyanyikan bagian rap-nya dan belum kebayang gimana jadinya. 
 
Tapi aku sangat menikmati prosesnya dan nggak butuh waktu lama untuk menyesuaikan karakter lagu dengan cara nyanyiku,” jelas Maizura.
 
Sutradara dari film “Bebas”, Riri Riza, menjelaskan bahwa pemilihan theme song untuk film inimembutuhkan proses yang cukup panjang bahkan sebelum judul film ditetapkan. Hingga akhirnya pilihan pun jatuh pada lagu “Bebas” milik Iwa K setelah melalui diskusi panjang dengan Mira Lesmana selaku produser film Bebas.
 
“Saya dan Riri adalah penggemar Iwa K dan sangat menyukai lagu ‘Bebas’ versi original yang dirilis tahun 1994. Dan saat proses penulisan skenario film “Bebas”, saya terpikir bahwa lagu ini harus ada versi barunya.
 
Ide ini disambut antusias oleh Musica Studio dan Iwa K yang kemudian membawakan versi terbaru dari lagu ini bersama pemain-pemain film Bebas yang kebetulan mempunyai talenta bernyanyi,” kata Mira.
 
Tidak hanya menghadirkan lagu-lagu ikonik tahun 90-an yang legendaris hingga kini, film “Bebas” juga menjadikan lagu “Aku Tanpamu” milik Maizura sebagai salah satu official soundtrack dalam film ini. 
 
Menjadi single pertama dari perempuan asal Makassar ini, lagu “Aku Tanpamu” bercerita tentang penyesalan dan rasa kehilangan akan seseorang.
 
“Di lagu ‘Aku Tanpamu’ ini aku harus benar-benar mengumpulkan emosi saat rekaman karena lagu ini penuh dengan emosi yang mendalam. Aku harus men-transfer perasaan sedih dan rapuh melalui suara aku dalam setiap alunan di lagu ini. 
 
Emosinya harus pas. Nggak emosi berlebihan dan rapuh banget juga. Jadi, untuk menstabilkan emosi itu sendiri sangat nggak gampang,” curhat Maizura.
 
Ditulis oleh Bianca dan Dimas, lirik pada lagu ini juga kembali disesuaikan dengan alur cerita pada film Bebas oleh sang produser, Mira Lesmana. Lagu ini juga sudah bisa dinikmati di seluruh digital music platform sejak 3 Oktober 2019.
 

 

 
Editor: Ria Juwita - Foto: Audrey Meyer
 
Baca juga: 

Topic

#MusicUpdate

polling

Ini Dia Cerita di Balik Soundtrack Film “Bebas”

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!