Java Jazz Festival 2016: 3 Full Days of Great Music

by : Fransiska Soraya
Posted : March 8, 2016
“Tantangannya untuk tahun ini adalah membuat acara ini tetap terlaksana,” kata Dewi Gontha dalam press conference Java Jazz Festival (JJF) 2016, 2 Maret 2016 lalu. Walaupun penuh tantangan, harus diakui bahwa festival musik yang digelar 4-6 Maret 2016 ini sukses membuat para penikmat musik pulang dengan senyum puas. Soalnya, from day 1 to day 3, lineup musisi yang manggung di sana berhasil membuat performance keren yang menghibur.
 
Day 1
Penampilan day 1 dibuka oleh Adera dan HiVi!. Kemudian, di panggung lain, ada Raisa yang tampil dengan tema menyanyikan soundtrack film Indonesia sampai film Hollywood, diantaranya lagu Suara Hati Seorang Kekasih yang menjadi soundtrack Ada Apa Dengan Cinta (2002), Let It Go dari Frozen (2013) sampai Percayalah (lagu duet Raisa dengan Afgan) untuk film London Love Story (2016). Hari di mana Robin Thicke manggung sebagai special show ini juga menghadirkan Naif yang nggak cuma menyanyi hits mereka, tapi juga menghibur penonton dengan lawakan renyah.
 
Barasuara sebagai penampil baru di JJF juga mendapat sambutan meriah ketika Taifun dan lagu-lagu mereka lainnya dibawakan. Penampil baru lainnya yang juga bikin penonton betah nonton adalah Yura Yunita dengan vokalnya yang powerful. Ada juga, Glenn Fredly yang sudah menjadi langganan lineup JJF, membuat penonton sing along dengan lagu-lagu andalannya, seperti My Everything, Cukup Sudah dan Kisah Romantis.
 
Day 2
Perjalanan musik hari ke-2 ini dimulai dengan Kunto Aji yang tampil unik dengan membawa pantomim sebagai gimmick panggungnya. Lanjut dengan RAN yang pastinya membuat penonton galau ketika membawakan Dekat di Hati. Ada juga penampilan solo Teza Sumendra yang bikin cewek-cewek histeris, ketika ia nggak hanya menyanyi, tapi juga nge-dance dengan swaggy.
 
Nah, kalau Isyana Sarasvati, sudah nggak diragukan lagi kemampuan menyanyinya. Tetap Dalam Jiwa yang mellow disulapnya menjadi lagu bernada Sunda. Belum lagi, Isyana menguji vokalnya ketika menyanyikan medley lagu-lagu dari musisi lawas Queen. Musisi lain yang menunjukkan kualitas vokal yang bikin GADIS amazed adalah Lea Simanjuntak. Bersama musisi senior David Foster, Lea membawakan lagu-lagu ciptaan David yang nge-hits, seperti I Will Always Love You dan I Have Nothing (dipopulerkan oleh Whitney Houston).
 
Day 3
Walaupun ini adalah hari terakhir, lineup JJF day 3 tetap sangat layak untuk diperhitungkan. Ada Erwin dan Gita Gutawa presents Di Atas Rata-rata menampilkan para penyanyi cilik bersuara emas. Ada juga Maliq & D’Essentials yang penampilannya memang selalu dinantikan di JJF dan GAC yang tampil prima membawakan lagu-lagunya dari album Stronger (2015). Tapi, penampilan yang nggak boleh dilewatkan adalah kolaborasi Endah N Rhesa dan Dialog Dini Hari. Kolaborasi ‘tukar lagu’ yang mereka lakukan berhasil bikin masing-masing dari lagu keduanya menjadi punya rasa baru.
 
Pencuri perhatian lainnya adalah Afgan yang membawa suasana era 90’an ke dalam performance-nya. Ya, penyanyi Knock Me Out ini berkolaborasi dengan Kunto Aji dan Angga “Maliq & D’Essentials” membawakan medley lagu-lagu boyband 90’an, diantaranya lagu milik Boyz II Men dan Backstreet Boys. Dari kalangan musisi senior, Sting yang berkolaborasi dengan pemain terompet jazz Chris Botti membuat para penggemarnya bernostalgia dengan lagu-lagu lawas, seperti Shape of My Heart, Fields of Gold dan Roxanne. Benar-benar pesta musik yang meriah! Foto: Ichmosa Rachmat, Vinty Sannaly
 
-