Maliq & D’Essentials dan Musik Dangdut

by :
Posted : March 15, 2013

“Musik dangdut itu identik dengan norak, nggak cool,” ujar Widi (drum) yang diiyakan Inda (vokal), Angga (vokal), Jawa (bas), Lale (gitar) dan Ilman (kibord). Pendapat seperti itulah yang menurut Maliq & D’Essentials (MnD) beredar di masyarakat saat ini. Tapi, hal itu bisa diubah. “Musik dangdut itu termasuk kekayaan budaya Indonesia. Harus dilestarikan. Dan sebenarnya, dangdut juga bisa cool,” tambah Widi. Wah, gimana caranya, ya?

Menurut para personel MnD, yang bikin dangdut nggak keren itu adalah ulah para pelaku kreatifnya. “Para pelaku kreatif ini yang mengemas dangdut menjadi nggak keren. Soalnya, dangdut ditampilkan dengan joget dan baju yang seronok. Tampilan visual video klip yang tidak maksimal juga. Itu yang bikin imej musik dangdut menjadi jelek,” papar Widi.

Padahal, kata Widi, bikin musik dangdut itu ternyata susah banget, lho! “Lebih susah bikin lagu dangdut daripada lagu hip hop. Kalau dipelajari lebih dalam, dangdut itu banyak banget nilai seninya,” bilang Widi. “Kesulitannya itu terutama dari segi teknis. Banyak sound di musik dangdut yang menggunakan ornamen tradisional, supaya berasa dangdut-nya. Sementara dari segi vokal, menyanyi lagu dangdut itu susah banget,” tambah Indah dan Angga.

Walaupun bukan penggemar musik dangdut, MnD sangat mengapresiasi musik jenis ini. “Sejak kami bikin lagu Drama Romantika untuk album Sriwedari, kami lebih menghargai dangdut. Soalnya, musik jenis ini cukup menantang. Dangdut nggak akan norak dan enak didengar oleh siapapun jika dikemas dengan baik dan berkualitas. Contohnya, seperti yang dilakukan Soneta Group dan Ike Nurjanah,” kata Widi yang didukung Jawa, Lale dan Ilman. Fransiska Soraya – Foto: Dok. FeminaGroup


polling

Maliq & D’Essentials dan Musik Dangdut

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.