Yura Yunita Curhat Mengenai Inspirasi Lagu Merakit

by : Monique Oktaviannie Hartono
Posted : October 13, 2018
Penyanyi asal Bandung yang berhasil mendapat penghargaam Anugerah Musik Indonesia Awards 2017 ini memang sudah merilis album barunya, Merakit, pada 21 September 2018 lalu. Namun, Yura baru mengadakan showcase untuk album ke-2 miliknya tersebut pada Rabu, 10 Oktober 2018 di kawasan Cikini, Jakarta.
 
Showcase yang dimulai pukul 20.00 WIB tersebut diadakan Yura untuk mengundang HipHipYura, penggemar Yura Yunita, untuk menyaksikan langsung penampilan perdana cewek kelahiran 9 Juni 1991 tersebut yang membawakan kesembilan lagu dalam album Merakit untuk pertama kalinya.
 
Cewek yang memang hobi menyanyi sejak kecil ini pun menuturkan bahwa bulan Oktober adalah bulan yang cocok untuk melakukan showcase untuk album keduanya. “Sebenarnya buat rilis lagunya sudah ditahan-tahan. Waktu itu sudah rilis lagu Intuisi, Harus Bahagia, dan Takkan Apa dan rasanya bulan ini cocok untuk melakukan showcase,” kata Yura.
 
Selain membawakan sembilan lagu dari album keduanya, dalam showcase tersebut Yura juga menceritakan behind the song atau cerita di balik lagu-lagu dalam album Merakit.
 
Salah satunya lagu Merakit. “Di lagu Merakit ini, lirik per liriknya menceritakan tentang proses perjalanan Yura hingga sekarang. Dan selama empat tahun terakhir mungkin Yura pernah merasa dibatasi, pernah merasa dihalang-halangi. Namun, aku merasa jiwa seni itu tidak bisa dihalang-halangi,” kata Yura ketika menceritakan kisah di balik lagu Merakit.
 
Yura juga menceritakan bagaimana dirinya merasa terinspirasi untuk membuat lagu Merakit setelah bernyanyi di sebuah panti tunanetra. “Waktu itu kondisiku lagi nge-drop, tapi harus mengisi acara di salah satu acara di panti tunanetra Wiyata Guna.
 
Namun, ternyata teman-teman tunanetra yang ada di sana semangatnya sangat besar untuk terus merakit mimpi-mimpinya dan aku terinspirasi sama salah satu anaknya,” ujar Yura.
 
Cewek berumur 27 tahun itu pun mengundang beberapa teman tunanetra untuk ikut hadir dan membantunya membawakan lagu Merakit pada showcasenya tersebut. Ketika akan membawakan lagu, Yura sempat terlihat menahan nangis, lho.
 
“Terima kasih banyak. Aku nggak henti-hentinya mengucapkan terima kasih buat teman-teman yang ada di depan bersama Yura. Ini yang betul-betul memberi semangat pada Yura untuk terus bermimpi, merakit mimpi, merakit karya, dan merakit album ini,” ujar Yura sambil terbata-bata menahan tangis.
 
Sedih sekali, ya. Kamu sudah dengar belum lagu-lagu di album Merakit dari Yura Yunita? Mana yang jadi favoritmu?
 
Editor: Ria Juwita - Foto: Monique Oktaviannie Hartono

Baca juga:
 

 

Topic

#MusicUpdate , #YuraYunita