Ini Alasan Lili Reinhart Menolak Gunakan Aplikasi Body-Editing

by : Audrey Natasha Meyer
Posted : December 31, 2019
Setuju, kan, bahwa apa yang kamu lihat di media sosial itu nggak selalu nyata? Mungkin kalimat tersebut mewakili statement dari bintang serial “Riverdale” (2017 – sekarang), Lili Reinhart, yang mengungkapkan bahaya penggunaan aplikasi body-editing. Kira-kira bahaya seperti apa, ya, yang ia maksud?
 
Lili Reinhart mengaku khawatir terhadap maraknya penggunaan aplikasi body-editing yang mampu menciptakan standar kecantikan yang tidak realistis. 
 
Sebuah studi di tahun 2018 bahkan menunjukkan bahwa aplikasi face filter dapat menjuruskan kita ke fenomena bernama “Snapchat Dysmorphia”, di mana penggunanya memiliki keinginan untuk melakukan operasi plastik demi mendapat tampilan layaknya filter tersebut.
 
Kekasih Cole Sprouse itu pun sempat menuliskan curhatannya lewat Instagram pribadinya, @lilireinhart.
 
“Ini tidak benar. Ini (adalah alasan) kenapa banyak orang mengalami eating disorder. Hal ini adalah alasan kenapa media sosial dapat membahayakan kesehatan kita. Ini juga alasan mengapa orang memiliki ekspektasi yang tidak realistis pada tubuhnya,” tulisnya.
 
Tidak hanya itu, Lili juga mengingatkan followers-nya agar jangan sampai ‘terjerumus’ ke fenomena yang dapat membahayakan kesehatan fisik dan mental mereka tersebut. Ia bahkan menaruh simpati pada orang-orang yang merasa dirinya tidak cukup baik.
 
“Terlihat kurus tidak akan sebanding dengan dampak psikologis yang diterima lewat penggunaan aplikasi semacam itu. Orang-orang yang menggunakan aplikasi ini dan benar-benar mengubah bentuk tubuh mereka dapat mengalami rendah diri, body dysmorphia, dan penyakit mental lainnya,” tambahnya.
 
Kekhawatiran Lili diungkapkannya bukan tanpa alasan. Ia sebelumnya telah mengungkapkan pada publik tentang isu body dysmorphia yang ia alami sendiri. Pengakuannya tersebut bahkan sempat menuai kritikan dari beberapa orang yang menyebutkan dirinya tidak dapat mengaplikasikan body positivity karena bentuk tubuhnya.
 
“Aku sangat kecewa terhadap fakta bahwa banyak orang mengatakan ‘kau sudah cukup kurus, tidak perlu menyuarakan pesan body positivity’. Hal itu seolah-olah menjadikan body dysmorphia­-ku tidak relevan hanya karena tampilan luarku. Aku tidak cukup curvy atau pun kurus untuk merasa insecure,” curhatnya.
 
Ia pun menjanjikan kebaikan yang akan didapat oleh para followers-nya saat telah terlepas dari kendali aplikasi body-editing tersebut.
 
“Saat kamu mengurangi tekanan untuk menyesuaikan dirimu dengan standar palsu atau tidak nyata, pandanganmu terhadap dunia akan jauh lebih cerah,” tutupnya.
 
Editor: Ria Juwita - Foto: Dok. Instagram @lilireinhart
 
Baca juga: 

Topic

#LiliReinhart

polling

Love Yourself!

Seperti apa cara kamu mencintai diri sendiri?

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2020 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!