13 Februari, Hari Radio Sedunia

by : Christine Natalia
Posted : February 13, 2017
Hari ini di berbagai media sosial sedang trending hashtag #HariRadioSedunia, lho! Tahu nggak, ternyata setiap 13 Februari diperingati sebagai Hari Radio Sedunia! Bagaimana ya, sejarahnya?
 
Sejarah
Tanggal 13 Februari dipilih sebagai hari untuk memperingati Hari Radio Sedunia, karena di tanggal tersebut terbentuk United Nations Radio pada 1946. Namun secara resmi, Hari Radio Sedunia ditetapkan di 13 Februari pada sidang umum Konferensi Umum Organisasi Pendidikan, Keilmuan dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa ke 36 tanggal 3 November 2011 lalu. Penetapan Hari Radio Sedunia ini didasari oleh kesadaran bahwa radio merupakan instrumen penting dalam membawa perubahan sosial di dunia.
 
Tujuan
Hari Radio Sedunia ini nggak cuma dijadikan hari peringatan biasa lho, tapi ada tujuannya. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran kita bahwa radio itu salah satu media yang penting.
 
Hari Radio Nasional
Nah, kalau di Indonesia sendiri, Hari Radio Nasional diperingati di 11 September, yaitu hari lahirnya Radio Republik Indonesia tahun 1945. Saat-saat itu, radio jadi satu-satunya media untuk memberi informasi seputar pemerintahan ke masyarakat Indonesia.
 
#HariRadioSedunia
Melalui hashtag #HariRadioSedunia, banyak pengguna media sosial yang mengungkapkan opini mereka tentang radio. Ada juga yang nge-tweet kenangan mereka sewaktu mendengarkan radio. Hashtag ini juga jadi ajang tanya jawab. Misalnya akun Twitter @RapplerID yang menanyakan ke followers-nya, "Apa acara radio yang paling berkesan untukmu?" Langsung pada nge-tweet radio favorit mereka dan programnya, deh! Editor: Fransiska Soraya - Foto: www.askideas.com