3 Fakta Gempa Bumi di Mentawai

by : Ayu
Posted : March 3, 2016
Hati-hati, ada gempa bumi! Kali ini, kawasan Sumatera mengalami gempa berkekuatan 7,8 Skala Richter. Gempa yang berpusat di Kepulauan Mentawai tersebut terjadi pukul 19.49 WIB pada Rabu, 2 Maret 2016 lalu. Ini bukan gempa bumi yang pertama kali terjadi dalam minggu ini. Mengapa bisa terjadi, ya?
 
Catatan gempa
Ini bukan pertama kalinya Kepulauan Mentawai mengalami gempa bumi. Pada 26 Oktober 2010, pulau di daerah Sumatera Barat dikejutkan dengan gempa bumi berskala 7,2 Richter. Gempa ini memakan sekitar 400-an korban jiwa dan merusak sejumlah bangunan. Saat itu, aktivitas gempa diikuti dengan tsunami. Bahkan, pada Juli 2015, gempa bumi terjadi secara beruntun selama satu hari. Karena letaknya yang sulit terjangkau ketika bencana gempa terjadi, bantuan nggak bisa langsung mencapai tempat tersebut.
 
Mengapa sering terjadi
Menurut penelitian Balai Pengkajian Dinamika Pantai, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Kepulauan Mentawai ini berada di atas lempengan atau patahan tektonik. Kepulauan ini dulunya berada di dasar laut. Lalu, pulau ini kemudian terangkat akibat pergerakan patahan. Nah, saat patahan tersebut bergeser, gempa bumi berpotensi muncul. Kepulauan Mentawai juga berpotensi tsunami ketika patahan tersebut bergerak naik.
 
Gempa 9 Skala Richter
Menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), daerah Kepulauan Mentawai berpotensi menimbulkan gempa berkekuatan 9 Skala Richter. Gempa besar ini terjadi dalam kurun waktu  200-300 tahun sekali. Gempa terbesar yang tercatat terjadi pada 1833 berkekuatan 8,4 Skala Richter. Sejak 2007, rangkaian gempa terjadi di Kepulauan Mentawai. Tapi, untungnya, belum ada yang mencapai 8 Skala Richter. Beberapa ahli kegempaan berpendapat bahwa periode pengulangan gempa besar belum sepenuhnya terjadi. Prediksi para ahli bilang patahan-patahan tersebut masih menyimpan kekuatan untuk gempa yang lebih besar. Editor: Fransiska Soraya – Foto: www.bmkg.go.id

polling

3 Fakta Gempa Bumi di Mentawai

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!