3 Tanda Kita Adalah Pelaku Bullying

by : Mariana Politton
Posted : October 30, 2017
Kita pasti setuju kalau aksi bullying merupakan mimpi buruk bagi siapapun. Yup, siapa sih, yang ingin berada di posisi seseorang yang tertindas dan harus merasa unworthy karena sikap dan perkataan yang menyakiti hati. Eits, sebelum kita mengangguk setuju, pastikan kalau kita nggak memiliki bibit-bibit karakter seorang bullier. Seperti apa, ya? Berikut adalah tanda-tanda yang bisa mendeteksi apakah kita termasuk bullier atau bukan:

1. Cenderung Bersikap Bossy
Sebagaimana dikutip dari penulis sekaligus blogger John Mattone, "semua orang memiliki sisi karakter kepemimpinan," baik dalam organisasi formal maupun dalam beraktifitas sehari-hari. Meski begitu, nggak semua orang lho, bisa mengaplikasikan karakter tersebut secara efektif dengan memberi pengaruh yang positif. Hal ini terwujud dari sikap kepemimpinan yang dikategorikan bossy dalam konotasi negatif. Artinya, bersikap superior secara berlebihan, tanpa peduli apakah sikap itu menekan pihak lain atau nggak, sebagaimana dilansir itwalk.com. Nggak tanggung-tanggung, sikap negatif ini biasa dibarengi dengan kecenderungan memaksa orang lain untuk selalu mengikuti kemauan diri sendiri tanpa kelonggaran untuk berpendapat. Hmm....

2. Kebiasaan Meremehkan Orang Lain
Seperti kata pepatah, kata-kata mencerminkan isi hati, begitu pula karakter orang sesungguhnya. Dengan kata lain, apa yang keluar dari mulut sangat mendefinisikan pribadi seseorang, termasuk apakah kita pelaku bullier atau bukan. Nah, sekarang coba pikirkan! Saat melakukan aksi bullying, kita tentu setuju kalau pelaku bullier mustahil mengucapkan kata-kata yang membangun atau bahkan memotivasi orang untuk maju a  tau setidaknya merasa nyaman. Tentu, setiap kata yang dikeluarkan akan cenderung membuat pihak lain merasa kecil atau unworthy. Biasanya nih, kecenderungan itu dikarenakan orientasi yang lebih senang mellihat orang lain pada kelemahan. Alhasil, pribadi terbentuk menjadi seseorang yang lebih suka meremehkaan orang lain dalam wujud kata-kata yang bersifat offensive. Sayangnya, sikap ini terkadang nggak disadari dengan anggapan "bercanda" atau "biasa saja". Nah, ini nih, awal dari aksi bullying yang terus menerus!

3. Sulit Berempati
Krisis rasa empati atau iba terhadap keadaan seseorang dan sekitar dalam wujud yang konkret tentu menjadi permasalahan utama bagi orang-orang yang terkategorikan sebagai pelaku bullier. Menurut para psikiater, hal itu bisa disebabkan karena beberapa alasan personal. Namun, nggak menutup kemungkinan hati itu turut disebabkan karena sikap individualistik yang terbilang berlebihan sehingga perasaannya hanya bisa "menyala" untuk keadaan dirinya sendiri, bukan orang lain. Jadi, nyaris mustahil untuk seorang bullier membayangkan posisinya sebagai korban dalam suata keadaan intimidasi. Bisa dibilang, rasa peduli kian menciut untuk itu dan tentu saja, itu merupakan keadaan psikologi yang seharusnya meresahkan.

So, kira-kira adakah sikapmu yang telah disebutkan pada 3 tanda yang mengarah pada karakter seorang bullier di atas? GADIS harap nggak ya, girls! Kita semua tentu harus menjadi seorang cewek Indonesia yang siap memberi contoh positif. Well, it's better to spread the positive vibes to create a better place, don't you think?

Foto: www.pixabay.com

Baca Juga:

polling

Love Language

Seperti bentuk bahasa kasih sayangmu?

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2020 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!