4 Fakta Menarik Tentang Cita-Cita Soekarno Untuk Indonesia!

by : Priska Zahra
Posted : August 18, 2017
Sebagai presiden pertama Republik Indonesia, banyak impian Soekarno yang sampai saat ini belum terwujudkan. Bahkan, beberapa di antaranya terkesan sangat sulit. Nah, bagi yang belum tahu, GADIS berikan list cita-cita Soekarno yang menarik untuk kamu ketahui! Let’s take a look!
 
Buat Kota Palangkaraya Sebagai Ibukota
Pada masa pemerintahan Soekarno, ia bertemu dengan salah satu Tokoh PKI bernama Semaun. Kala itu Semaun memberikan saran untuk menjadikan ibukota Indonesia di daerah  Kalimantan. Soalnya, Pulau Kalimantan adalah pulau terbesar di Indonesia dan letaknya di tengah gugusan kepulauan.
 
Saran tersebut disambut antusias oleh Soekarno. Makanya, selama 1 tahun penuh Soekarno mempelajari soal Kalimantan. Lalu, pada suatu malam Soekarno mengambil mangkok putih di depan peta besar Kalimantan. Kemudian ia meletakkan mangkuk tersebut di tengah-tengah peta. Saat itulah Soekarno mengatakan “Itu Ibukota RI!”
 
Ingin Membuat Terowongan Bawah Tanah Antara Pulau Sumatera-Jawa dan Bali
Kala itu, Soekarno sudah menyusun dasar-dasar kota administrasi yang dibantu oleh mantan Gubernur Jatim, R.T.A. Milono. Pada saat penyusunan tersebut, sebenarnya Soekarno sudah menyiapkan rancangan tata ruang negara dari Sabang sampai Merauke.
 
Bahkan, ia pengin membuat terowongan bawah tanah untuk menghubungkan Pulau Sumatera-Jawa dan Bali. Sayangnya, karena rawan gempa terowongan tersebut tidak jadi dibangun. Akhirnya, Soekarno membuat pelabuhan dan juga membeli kapal-kapal besar.
 
Pengin Indonesia Menjadi Macan Asia
Dahulu, Indonesia sempat meraih medali perunggu dalam bidang sepakbola, lho! Buktinya pada Asian Games 1958, Indonesia berhasil mendapatkan peringkat ketiga se-Asia melawan India.
 
Nggak cuma itu, dalam ajang Asian Games 1966 Indonesia pun berhasil memenangi sejumlah kompetisi internasional seperti Pestabola Merdeka 1961-1962, Aga Khan  Gold Cup 1966 dan empat orang dari Indonesia berhasil masuk di Asia All-Star pada tahun 1967-1968. Kejuaraan dan juga sebutan macan asia tersebut bisa mereka raih juga tak lepas dari bantuan Soekarno. Selama pemerintahannya, Soekarno selalu memberikan motivasi dan semangat untuk membuat generasi muda mampu bersaing di dunia internasional.
 
Ingin Membuat Jakarta Seperti Kota New York, AS
Sebenarnya Soekarno ingin sekali membuat Jakarta menjadi kota modern. Ia pengin Jakarta dibuat menjadi pusat kota dan jalur masuknya jasa internasional layaknya kota New York, AS. Sedangkan untuk kota Palangkaraya, ia ingin menjadikannya sebagai pusat pemerintahan dan pertahanan militer udara kala itu.
 
Mendirikan Patung Demi Melestarikan Sejarah dan Kebudayaan
Buat orang Jakarta pasti tak heran melihat banyaknya patung yang ada di beberapa wilayah Jakarta. Namun di balik itu semua, Soekarno selalu membangunnya dengan arti dan makna masing-masing dari patung tersebut.
 
Baik itu Monas, Patung Dirgantara (Patung Pancoran), Tugu Tani hingga Patung Selamat Datang semua bangunan tersebut diberikan Soekarno untuk membuat Indonesia menjadi sebuah kebanggaan, jati diri hingga kepribadian yang teguh dan kokoh.

Editor: Ayu - Foto: www.wowshack.com
 
Baca Juga:

Topic

#trivia

polling

4 Fakta Menarik Tentang Cita-Cita Soekarno Untuk Indonesia!

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.