4 Kecelakaan Pesawat Terbang Paling Tragis

by : Priska Zahra
Posted : December 28, 2015
Nggak cuma kecelakaan mobil yang dicap sebagai kecelakaan paling tragis. Pesawat terbang juga punya sejarah mengerikan yang menghilangkan banyak nyawa. Nah, apa saja ceritanya?
 
Korean Airlines Penerbangan 007 (1983)
Pesawat Korean Airlines Penerbangan 007 melakukan perjalanan dari New York, Amerika Serikat menuju Seoul, Korea Selatan. Selama perjalanan, pesawat ini transit di Anchorage, Alaska. Akibat kesalahan sistem navigasi, penerbangan dari Anchorage menuju Seoul tiba-tiba menyimpang ke utara tak lama setelah lepas landas. Begitu pilot dan co-pilot mengetahui kesalahan jalur, mereka langsung mengembalikan arah pesawat ke jalur yang benar. Sayangnya, saat itu pesawat Korean Airlines 007 terbang di atas pangkalan militer Uni Soviet. Padahal, hubungan Amerika Serikat dan Uni Soviet sedang tidak baik. Tanpa ragu, Uni Soviet mengirim pesawat Sukhoi Su-15 dan menembaknya pesawat Korean Airlines tersebut. Pesawat pun jatuh ke Laut Okhotsk, Rusia. Tragedi ini menewaskan 240 penumpang dan 29 awak kabin.
 

 


American Airlines Penerbangan 191 (1979
American Airlines Penerbangan 191 merupakan pesawat Douglas DC-10 yang jatuh di kompleks Chicago, Amerika Serikat beberapa detik setelah lepas landas dari Bandara Internasional O’Hare. Kecelakaan yang terjadi pada 25 Mei 1979 ini disebabkan mesin di kiri pesawat yang tiba-tiba lepas. Akibarnya, mesin ini mengenai sistem hidrolik pesawat. Sebanyak 258 penumpang, 13 awak pesawat dan 2 orang di darat meninggal seketika. Kecelakaan tragis tersebut adalah kecelakaan pesawat terbesar dalam sejarah Amerika Serikat.

 


Iran Airlines Penerbangan 655 (1988)
Pesawat Iran Airlines Penerbangan 655 adalah pesawat Airbus A300 yang ditembak rudal kapal perang Amerika Serikat, USS Vincennes. Pesawat ini jatuh tepat di atas Selat Hormuz, pada akhir masa perang Iran-Irak. Kejadian ini menewaskan 290 penumpang dan awak kapal. Akibat insiden tersebut, pada tahun 1996, Amerika Serikat dan Iran mencapai kesepakatan melalui Mahkamah Internasional. Negara adidaya tersebut setuju untuk membayar US$ 61,8 juta sebagai kompensansi kepada keluarga korban Iran.

 

Saudi Arabian Airlines, Penerbangan 163 (1980) 
Pesawat Saudi Arabian Airlines Penerbangan 163 mengalami kecelakaan enam menit setelah lepas landas dari Riyadh menuju Jeddah. Tiba-tiba saja, di dalam pesawat terdengar peringatan asap dalam kompartemen kargo. Para kru sempat menghabiskan waktu selama empat menit untuk mencari penyebabnya. Pilot dan co-pilot pun terpaksa mematikan mesin bagian tengah dan melakukan pendaratan darurat. Setelah mendarat, pintu-pintu darurat malah tidak bisa dibuka. Semua penumpang dan awak pesawat meninggal karena menghirup asap selama proses evakuasi. Sampai saat ini, penyebab munculnya asap masih menjadi misteri. Editor: Dian Nurlizta - Foto: www.findingdulcinea.com, www.chicagotribune.com, www.globalresearch.ca, www.wonderslist.com

polling

Love Language

Seperti bentuk bahasa kasih sayangmu?

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2020 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!