4 Kerugian Kecanduan Gadget

by : Meidy Zhafiera
Posted : August 7, 2015
Secara nggak sadar, kalau disuruh memilih antara teve atau smartphone, pasti kita akan langsung memilih smartphone tanpa berpikir panjang. Hal ini sudah dibuktikan lho, oleh suatu lembaga survey online, Crowd DNA. Mereka melakukan survey dari 11,000 remaja di usia 13-24 dari 13 negara, salah satunya Indonesia. Mereka menemukan bahwa remaja Indonesia mengonsumsi media digital di atas rata-rata dibandingkan negara lainnya. Tapi, tahu nggak sih, kalau kecanduan gadget itu mempunyai banyak kerugian? Ini dia beberapa contohnya.
 
Menghambat Sosialisasi
Ketika sudah kecanduan gadget, kita bisa merasa lebih nyaman berkomunikasi dengan gadget daripada ketika bertemu secara langsung. Kita lebih banyak diam ketika menggunakan gadget sehingga kemampuan bersosialisasi dengan orang lain menurun. Bahkan kita menjadi remaja yang pendiam dan kurang bergaul. Pecandu gadget juga jadi malas berpikir karena ketergantungan pada bantuan internet.
 
Nomophobia
Terdapat phobia baru bernama nomopobhia yang berarti no mobile phone phobia. Phobia ini adalah sebuah kecemasan apabila nggak bisa menggunakan gadget atau smartphone karena ketinggalan, kehabisan baterai, tidak ada koneksi internet sampai kehabisan pulsa. Phobia ini muncul karena tingginya ketergantungan seseorang terhadap gadget yang dimilikinya.
 
Penurunan Fungsi Otak
Pecandu gadget dikhawatirkan mengalami dimensia atau penurunan fungsi otak lebih cepat. Padahal, umumnya orang yang terkena demensia atau kepikunan berumur 70 sampai 80 tahun. Hal ini dikarenakan pecandu gadget umumnya hanya mengembangkan otak kiri, sementara otak kanan tidak berkembang. Padahal, otak kanan yang berhubungan dengan daya ingat, sehingga kemampuan daya ingat kita tidak terlatih dengan optimal.
 
Kesehatan Mata Terganggu
Normalnya mata kita berkedip 16-20 kali per menit. Tapi, saat melihat layar smartphone, mata kita hanya berkedip 6-8 kali per menit. Hal ini dapat menyebabkan mata kering sehingga kesehatan mata terganggu. Pada beberapa kasus, hal ini nggak juga dapat menyebabkan kerabunan dan membuat kita harus menggunakan kacamata untuk bantuan penglihatan. Editor: Lizta - Foto: Fotosearch
 

polling

4 Kerugian Kecanduan Gadget

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.