4 Manfaat Keringat Buat Kesehatan

by : Mercyella
Posted : February 15, 2017
Banyak orang yang kesal saat sudah berkeringat. Padahal, ada banyak manfaat keringat buat kesehatan, lho.
 
Mengeluarkan Racun dari Tubuh
Ternyata saat berkeringat, kita juga mengeluarkan racun dari dalam tubuh, lho. Salah satu penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Archives of Environmental and Contamination Toxicology mengungkapkan, banyak elemen racun yang ternyata keluar bersama keringat. Makanya, beberapa orang juga menganggap berkeringat sebagai proses detoksifikasi. Tuh kan, jadi lebih sehat.
 
Mempercepat Penyembuhan Penyakit
Saat demam, pernah nggak kita merasa lebih baik setelah sudah berkeringat? Ternyata berkeringat termasuk salah satu cara tubuh untuk memberi sinyal pada kekebalan tubuh untuk melawan penyakit. Berkeringat juga termasuk cara tubuh untuk berusaha menyembuhkan dirinya sendiri, lho. Selain itu, penelitian di University of Michigan, Amerika Serikat juga mengungkapkan bahwa kelenjar keringat juga bisa berperan sebagai antibiotik yang bisa membantu proses penutupan luka.
 
Bikin Suasana Hati Lebih Baik
Saat berolahraga lalu berkeringat, tubuh juga menghasilkan endorfin. Endorfin berfungsi untuk menghilangkan stres dan memberikan rasa tenang. Makanya, usai berolahraga kita bisa merasa lebih bahagia dan otak terasa lebih segar.
 
Menjaga Kesehatan Ginjal
Dengan berkeringat, tubuh juga mengeluarkan banyak cairan. Makanya kita cenderung minum air lebih banyak. Hal ini yang bisa mencegah penyakit batu ginjal. Salah satu studi dalam konferensi American Urological Association 2013 di San Diego, Amerika Serikat mengungkapkan, berjalan selama beberapa jam dalam sepekan bisa menurunkan risiko terbentuknya batu ginjal. Apalagi, saat tubuh minum lebih banyak air. Editor: Putriyantini - Foto: Dok. 123RF