4 Manfaat Tidur Siang Bagi Otak

by : Fransisca Andeska G
Posted : July 3, 2017
Banyak yang beranggapan ketika kita tertidur pada siang hari berarti kita adalah orang yang malas. Namun, ada pula yang mengatakan bahwa ketika kita tertidur pada siang hari akan membuat kita sulit untuk tidur pada malam harinya. Namun perlu kalian tahu, ternyata tidur siang pada waktu yang tepat akan memberikan banyak manfaat bagi tubuh kita.
 
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh peneliti NASA terhadap para astronotnya mengatakan bahwa tidur siang selama 25 menit setiap harinya dapat meningkatkan performa tubuh, kewaspadaan, konsentrasi dan kemampuan dalam menilai seseorang. Maka dari itu, tidur siang memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh, salah satunya bagi otak. Berikut empat manfaat tidur siang bagi otak:
 
1. Mengistirahatkan Otak Kiri
Otak bagian kiri sering dideskripsikan memiliki kemampuan dalam hal hitungan atau matematika, seperti logika, rasio, kemampuan menulis, membaca dan menganalisa. Karena otak kita sudah bekerja cukup keras, maka dari itu perlu untuk mengistirahatkan otak dengan tidur siang selama kurang lebih 60 - 90 menit.
 
2. Meningkatkan Kemampuan Otak dalam Mengingat
Ternyata tidur siang dapat memaksimalkan dan meningkatkan sistem kerja otak di dalam menerima, menyimpan dan mengingat informasi baru yang diterima otak. Saat kita sedang melakukan aktivitas apapun, otak kita merekam seluruh informasi yang kita lihat dan akan disimpan pada hippocampus (bagian dari otak yang berperan untuk mengingat). Namun, seluruh informasi yang direkam itu akan dengan mudah terlupakan atau tertimbun oleh informasi lain.
 
Oleh karena itu, tidur siang yang kita lakukan dapat memindahkan keseluruhan memori ke bagian neocortex atau bagian penyimpanan permanen di otak agar tidak mudah hilang.
 
3. Memaksimalkan Proses Belajar
Tidur siang membantu otak untuk membersihkan atau mengosongkan kembali ruang memori sementara pada otak untuk memberikan tempat bagi informasi baru. Maka dari itu, tidur siang selama 60 - 90 menit dapat membuat otak kembali menyerap informasi baru dengan lebih maksimal dan meningkatkan proses belajar menjadi lebih berkualitas.
 
4. Meningkatkan Kemampuan Visual
Ketika kamu merasa lelah dan tak mampu untuk belajar pada siang hari, tandanya kamu mengalami burnout atau kondisi saat otak tak mampu menerima informasi baru. Maka dari itu, kamu perlu untuk menyisihkan waktu 60 – 90 menit untuk tidur siang. Tidur selama 60 – 90 menit ini setara dengan waktu tidur yang dilakukan setiap orang pada malam hari. Berfungsi untuk meningkatkan otak di dalam menangkap, mengenali dan menafsirkan informasi visual yang diberikan ke otak dan memberinya makna.
 
Jadi, sempatkan waktumu untuk tidur siang, ya. Editor: Ria Juwita – Foto: www.shutterstock.com
 
Baca juga:

Topic

#trivia , #hidupsehat , #lifehacks

polling

4 Manfaat Tidur Siang Bagi Otak

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.