4 Perayaan Tahun Baru Selain Tanggal 1 Januari

by : Maria Delviera
Posted : January 5, 2017
Berdasarkan kalender Masehi yang kita gunakan sehari-hari, tahun baru jatuh pada 1 Januari. Tapi, ada tahun baru lain yang nggak kalah meriah, lho! Berikut ini, 4 tahun baru yang dirayakan menurut tradisi.

1. Chinese New Year 
Masyarakat Tiongkok merayakan tahun baru ketika menyambut awal musim semi. Karena saat itu memasuki musim panen. Maka dari itu, Chinese New Year disebut juga dengan Spring Festival atau Lunar New Year. Tahun baru ini dimeriahkan dengan tradisi bagi-bagi amplop merah berisi uang. Saat kumpul keluarga, orang tua akan membagikan amplop merah ke anak-anak. Chinese new year juga identik dengan hiasan lentera, atraksi barongsai dan naga. Nggak hanya di Tiongkok, warga keturunan Tiongkok di Indonesia juga merayakannya, lho! 

 


2. Aluth Avurudda
Aluth Avurudda merupakan Sinhalese Festival atau Tamil New Year yang dirayakan oleh masyarakat Sri Lanka pada tanggal 14 April. Kalau Chinese New Year merayakan musim panen, Aluth Avurudda adalah perayaan yang menandai berakhirnya musim panen. Di hari ini, posisi matahari akan tepat berada di atas Sri Lanka. Penduduk akan membuka pintu rumah untuk mengundang keluarga, teman, bahkan orang asing untuk makan bersama. Di hari Aluth Aburudda selalu ada kue bernama Kavum dan makanan tropikal lainnya.
 

 


3. Diwali
Diwali merupakan tahun baru bagi masyarakat Gujarati dan Marwari di India. Diwali disebut juga Festival Cahaya atau Festival of Lights yang biasanya jatuh pada bulan Oktober atau November setiap tahunnya. Berdasarkan tradisi, masyarakat akan menghias rumah mereka dengan lampu. Selain itu, mereka akan membuat rangoli atau motif di lantai rumah menggunakan bubuk berwarna. Di hari H, akan ada doa bersama keluarga untuk bersyukur kepada Dewi Lakshmi Puja dan hidangan makanan. Dewi Lakshmi Puja merupakan dewi kekayaan dan keberuntungan. 

 


4. NowruzNowruz
Berawal dari kata Avestan yang berarti new day atau day light. Dirayakan sebagai tradisi oleh warga negara Iran dan komunitas Baha’I sebagai festival musim semi. Nowruz merupakan hari terjadinya Northward Equinox pada pertengahan bulan Maret. Matahari terlihat seperti menuju utara melalui garis ekuator. Nowruz dirayakan dengan terompet, telur warna warni serta noodle soup khusus.
Editor: Indah Nainggolan - Foto: www.americanaatbrand.com, www.leisureisland.lk, putevrad.com, euphrates.org.
 

polling

4 Perayaan Tahun Baru Selain Tanggal 1 Januari

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!