4 Tumbuhan Pemakan Serangga

by : Lutfiah Arista
Posted : December 27, 2016
Seperti yang kita ketahui bahwa terdapat banyak tumbuhan di dunia ini yang memiliki keunikannya sendiri. Dan, jika kita mengira bahwa makhluk hidup yang memakan daging hanyalah manusia dan hewan, ternyata hal itu salah. Nyatanya, terdapat beberapa tumbuhan yang termasuk karnivora atau memakan hewan serangga. Untuk itu, ketahui yuk, tumbuhan apa saja yang termasuk karnivora.

Sarracenia
Sarracenia atau terkenal dengan julukan sebagai tanaman kendi atau kendi terompet dari Amerika Utara. Untuk merayu sang mangsa agar masuk ke dalam kendinya, Sarracenia menggunakan bau, nektar dan warna. Setelah sang mangsa terperangkap, sangat sulit bagi korban untuk meloloskan diri. Karena, kendi atau tabung dari tumbuhan ini berbulu. Dan, tabungnya begitu licin serta terdapat cairan dan enzim yang membuat korban tenggelam. Setelah itu, barulah  Sarracenia memulai pencernaannya.

 

Pinguicula
Pinguicula atau yang biasa disebut Butterworts, biasanya ditemukan di negara Asia, Amerika dan Eropa. Meski bunganya terlihat sangat cantik, tumbuhan ini memiliki cara menjebak mangsanya dengan memanfaatkan dua kelenjar yang ada di dalam daunnya. Kelenjar pertama bernama Peduncular Gland, semacam getah berisi enzim perncernaan yang membentuk droplet di permukaan daunnya. Droplet tersebutlah yang akan menjadi daya tarik korban. Lalu, kelenjar kedua bernama Sessile Gland muncul dan memproduksi enzim yang siap-siap meremukkan komponen serangga yang menjadi santapan tumbuhan ini.

 

Byblis
Sama seperti Pinguicula yang memiliki tampilan menarik, Byblis juga memiliki penampilan menarik, sehingga membuatnya disebut dengan tumbuhan pelangi. Tumbuhan pemakan serangga ini berasal dari Australia yang mempunyai lima benang sari di tiap bunganya. Permukaan daun tumbuhan ini tertutup oleh kelenjar-kelenjar rambut yang menghasilkan zat lengket yang membuat serangga terperangkap. Setelah mencoba melarikan diri dari jebakan tumbuhan ini, serangga akan mati, lalu Byblis akan menyerap nutrisi serangga yang telah mati.
 

 

Drosera
Drosera atau yang lebih popular disebut Sundews adalah tumbuhan yang tersebar di semua benua, kecuali Antartika, dengan berbagai variasi ukuran. Tumbuhan ini memiliki 194 spesis berbeda, sehingga membuatnya menjadi tumbuhan pemakan serangga dengan marga terbesar. Tentakel yang dimiliki Drosera sangat sensitif ketika terjadi kontak dengan serangga. Tentakel mereka yang lengket dan mengandung cairan manis itu akan berusaha membawa mangsa masuk ke dalam pusat daun untuk dicerna dan diambil nutrisinya. Editor: Fransiska Soraya - Foto: www.bbc.com, ww.pinterest.com, www.flickr.com

polling

4 Tumbuhan Pemakan Serangga

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!