5 Hewan Dengan Suara Tertinggi di Dunia

by : Priska Zahra
Posted : March 31, 2017

Percaya nggak sih, kalau binatang juga punya suara tinggi? Buktinya lima hewan ini dinobatkan sebagai hewan yang punya suara tertinggi, lho! Hewan apa saja, ya?

Buaya
Secara struktur tubuh buaya memang nggak memiliki pita suara. Tapi, ada beberapa hal yang bisa ia lakukan untuk menghasilkan suara, yakni mendesis, mendengus, batuk, menggeram dan yang paling mengejutkan adalah membuat suara infrasonik. Suara yang lebih cepat dari suara. Suara infrasonik ini mampu menimbulkan gelembung air kecil di permukaan dan membuat air jadi bergetar. Meskipun nggak bisa didengar manusia, suara infrasonik bisa terdengar di tempat jauh. Biasanya sih, buaya mengeluarkan suara infrasonik untuk menarik perhatian calon pasangannya.









 

Burung Kakapo Jantan
Burung yang mirip burung kiwi ini berasal dari Selandia Baru. Pada musim kawin, burung jantan akan menciptakan tempat bersarang. Kemudian, Kakapo akan berdeham sambil mengembangkan kantung udara yang ada di dadanya. Lalu, ia akan melepaskan kantung udara sambil mengeluarkan suara beresonansi tinggi. Uniknya, suara yang dikeluarkan burung ini bisa mencapai 3 mil (4,8 km). Kabarnya lagi, ritual ini ia lakukan setiap malam selama empat bulan.










 

Serigala
Siapa sih, yang nggak tahu dengan suara lolongan serigala? Kalau kita berkemah di area Minnesota, Amerika Serikat, siap-siap akan terganggu dengan suara serigala. Meskipun suara mereka terdengar dekat, sebenarnya serigala masih berada sangat jauh dari kita, yakni sekitar 16 km. Sebuah lolongan serigala mampu memanggil satu sama lain dalam jarak yang jauh. Kabarnya nih, lolongan serigala yang bersahut-sahutan tersebut memiliki tujuan untuk mengelabui pemburu supaya nggak bisa menebak jumlah serigala yang mereka hadapi.









 

Howler Monkey
Suara yang sering kita dengar dari monyet ternyata berasal dari kantong yang ada di tenggorokannya, lho. Kantong ini berfungsi untuk mengeluarkan suara yang sangat kuat. Saking kerasnya, suara hewan ini bisa terdengar sampai 10 mil atau sekitar 16 km. Biasanya, jika ia mengeluarkan suara ini tujuannya untuk menakuti semua hewan maupun predator yang mau mendekati wilayahnya.











 

Gajah
Seperti yang kita tahu gajah mengeluarkan suara yang berasal dari belalainya. Suara tersebut ternyata dihasilkan dari paru-paru sang gajah. Saat gajah sedang mengeluarkan suara, bakal terdengar seperti manusia yang sedang bersin, lho. Kekuatan suara yang mereka miliki sekitar 80-90 desibel. Jika dibandingkan dengan manusia, suara mereka jauh lebih keras dari manusia yang sedang berteriak. Selain itu, untuk berkomunikasi gajah mengeluarkan suara yang mengandung seismik (getaran tanah) dan infra suara untuk jarak jauh. Editor: Ayu - Foto: www.defenders.org, www.nzbirdsonline.org.nz, www.cbc.ca, www.sciencenews.org, www. huffingtonpost.com




Baca Juga:


Topic

#trivia

polling

5 Hewan Dengan Suara Tertinggi di Dunia

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!