Air Dingin Bikin Gendut?

by :
Posted : June 23, 2010

Dengan cuaca di Indonesia yang sering panas banget ini, rasanya susah deh untuk lepas dari air dingin. Tapi, katanya air dingin bisa bikin gendut? Benar nggak sih, mitos ini?

Membakar kalori
Sebenarnya minum air dingin justru membakar kalori. Semua yang kita konsumsi, harus disesuaikan dulu suhunya dengan suhu tubuh kita. Nah, karena air yang kita minum dingin, maka tubuh kita menghangatkan air dingin itu terlebih dahulu sebelum bisa dicerna dalam tubuh. Untuk menghangatkan air itu, tubuh membutuhkan kalori lagi untuk dibakar. Makanya, jumlah kalori yang dibakar pun lebih banyak daripada kalau kita minum air hangat atau air biasa.

Sayangnya, jumlah kalori yang dibakar nggak sebanyak yang kita harapkan. Menurut dr. Roger Clemens, peneliti di University Southern Carolina, Amerika Serikat, kita membutuhkan 435 gelas berisi 8 ons air dingin untuk menurunkan berat badan sebanyak satu kilo. Kalau begini sih, mendingan kita mengusahakan diri untuk minum air biasa saja.

Menambah lemak
Ternyata walaupun membakar lebih banyak kalori, air dingin juga menambah timbunan lemak kita. Soalnya kalau kita minum air dingin, minyak dari makanan yang kita makan akan menjadi keras. Alhasil, minyak itu bakal memperlambat proses pencernaan. Ketika bereaksi dengan asam dalam tubuh, ini justru bakal bikin lemak kita bertumpuk dan bisa berakibat kanker.

Jadi, apakah air dingin berpotensi bikin gendut? Hm, satu hal yang pasti sih kita nggak boleh terlalu berlebihan mengkonsumsinya. Soalnya ternyata air dingin lebih banyak efek buruknya sih. Mulai dari sakit gigi, penumpukan lemak sampai kanker. (Marissa/ Dok. Istimewa)

polling

Air Dingin Bikin Gendut?

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.