Aneka Bubur Tradisional

by :
Posted : August 29, 2012

Saat mendengar kata bubur, pasti langsung terlintas wujud si bubur ayam. Pasalnya, bubur yang satu ini paling populer dan gampang ditemukan di mana-mana. Tapi di tengah kepopuleran bubur nasi ini, masih banyak bubur khas Indonesia yang nggak kalah unik. Mari berkenalan!

Bubur Sumsum
Bubur yang satu ini merupakan makanan khas dari Jawa Timur. Wujudnya yang putih dan lembut menyerupai sumsum tulang, membuat bubur ini diberi nama bubur sumsum. Terbuat dari tepung beras, bubur ini dihidangkan langsung dengan saus gula merah yang rasanya manis legit. Selain untuk sarapan, bubur ini juga biasa dijadikan sajian dalam upacara adat seperti selamatan, pernikahan, kelahiran dan hajatan besar lainnya.

Bubur Kacang Hijau
Meskipun tanaman kacang hijau diduga berasal dari India, tetapi bubur kacang hijau justru diakui sebagai makanan tradisional Indonesia. Bubur kacang-kacangan yang rasanya manis ini biasa dijadikan makanan masyarakat sehari-hari karena kandungan gizinya yang tinggi. Selain mengandung protein nabati, kacang hijau kaya akan vitamin B1, B2, dan B3. Makanya nggak jarang, bubur kacang hijau dijadikan menu santapan anak-anak di pos pelayanan terpadu (Posyandu)  

Bubur Candil
Bubur ini populer banget di kalangan orang Jawa. Berbentuk bulat-bulat kenyal, bubur ini biasa ditemani dengan saus santan gurih dan gula merah yang sudah dicairkan. Dalam adat Jawa, bubur ini biasa disajikan saat acara Turun Tanah. Jadi, saat anak berusia 7 bulan dan dinyatakan mulai bisa turun tanah untuk pertama kalinya, orang tua akan membagikan bubur Candil kepada tamu yang hadir di acara tersebut. Sekarang bubur ini nggak hanya berwarna kuning kecoklatan saja, soalnya mulai banyak yang berinovasi membuat bubur candil yang berwarna-warni, seperti pink, hijau, dan lainnya. Mauito – Foto: Dok. FeminaGroup



polling

HUT Jakarta

Apa yang terbersit di benakmu saat mendengar kata "Jakarta"?

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.