Asal Usul Tari Ratoh Jaroe Yang Penting Buat Kita Tahu, Nih!

by : Laura Felicia
Posted : August 21, 2018
Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya. Tarian tradisional dari setiap daerah sangat beragam dan memiliki keunikannya masing-masing. Termasuk pada tarian satu ini yang berhasil tampil memukau di Pembukaan Asian Games 2018. Apakah kalian sudah mengetahui asal-usulnya? Yuk, baca terus ya!
 
Tari Ratoh Duek atau yang sekarang lebih dikenal dengan tari Ratoh Jaroe merupakan tari tradisional khas Indonesia, yang berasal dari Nanggroe Aceh Darussalam. Namun, tarian ini sering kali disebut dengan tari Saman. Pasti kalian juga menyebutnya dengan tari Saman kan? Padahal, kedua tarian ini sangat berbeda lho, girls! Walaupun keduanya sama-sama berasal dari Aceh.
 
Tari Saman dibawakan oleh penari laki-laki dengan jumlah ganjil, sementara tari Ratoh Jaroe selalu dibawakan oleh penari perempuan dengan jumlah genap. Dari penarinya saja, sudah sangat berbeda bukan?
 
Tarian ini semakin menjadi perbincangan masyarakat karena dibawakan oleh ribuan penari pada pembukaan Asian Games 2018 pada tanggal 18 Agustus lalu.
 
Ratoh berasal dari Bahasa Arab yang artinya melakukan pujian kepada Allah melalui doa yang dinyanyikan. Sedangkan Jaroe berarti tangan, sehingga Ratoh Jaroe memiliki arti memuji Allah sambil bernyanyi, dengan memainkan tangan.
 
Tari Ratoh Jaroe diciptakan dari gerakan tari tradisional lain yang sudah ada sebelumnya di Aceh. Kabarnya, tarian ini ditujukan kepada masyarakat Aceh yang saat itu sedang mengalami musibah. Dengan harapan, tarian ini dapat mengembalikan semangat masyarakat. 
 
Tarian ini lebih menonjolkan gerakan-gerakan tangan, dibandingkan dengan gerakan badan. Tarian ini terdiri dari gerakan dalam posisi duduk, berlutut, membungkukkan badan, menepuk dada, menggelengkan kepala, menggerakkan tangan ke kanan dan kiri, serta gerakan lainnya. Setiap anggota penari akan menarikan gerakan yang sama, sehingga membutuhkan waktu agar dapat terlihat kompak.
 
Jika sudah terdengar suara musik beserta syair-syair dengan menggunakan Bahasa Aceh, maka itu pertanda bahwa tarian Ratoh Jaroe telah dimulai! Dalam Bahasa Aceh, iringan musik itu disebut dengan rapa’i.
 
Sedangkan para pelantun syair-syair dinamakan dengan Syahi. Posisi mereka saat tarian dimulai, akan berada diluar barisan para penari. Biasanya, syair tersebut akan dinyanyikan juga oleh seluruh penari.
 
Kostum yang digunakan berupa pakaian lengan panjang yang berwarna-warni, kain songket yang berasal dari Aceh, ditambah dengan ikat kepala untuk mempercantik kostum para penari.
 
Unik ya, tarian Ratoh Jaroe!

Setelah ini, jangan sampai salah menyebut nama tariannya lagi, ya!
   
 
Editor: Maharani Legita – Foto: www.indonesiakaya.com, Dok. Instagram seni_tradisional
 
Baca Juga:
 

Topic

#Trivia

polling

Asal Usul Tari Ratoh Jaroe Yang Penting Buat Kita Tahu, Nih!

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!