B.J. Habibie, Sosok Inspiratif Kebanggaan Bangsa

by : Yessy Dwi Ramadhani
Posted : September 13, 2019
Nggak hanya terkenal karena kejeniusannya, Bacharudin Jusuf Habibie, atau yang lebih dikenal dengan sapaan B.J. Habibie, juga terkenal karena pribadinya yang menyenangkan. Sedihnya, mantan Presiden ke-3 RI yang akrab dipanggil Eyang itu harus meninggalkan kita semua pada 11 September 2019 lalu.

Lahir pada 25 Juni 1936 di Parepare, Sulawesi Selatan, kisah hidup seorang B.J. Habibie sangat menginspirasi dan memotivasi sehingga patut menjadi kebanggaan bangsa. Beliau tak hanya menjadi sosok nomor satu di Indonesia, tapi juga diakui dunia internasional.

Pendidikannya sebagai doktor di bidang konstruksi pesawat terbang bermula dari cita-cita mantan Wakil Presiden ke-7 RI ini untuk membuat pesawat terbang. Idenya itu muncul saat B.J Habibie melakukan perjalanan dari Pelabuhan Makassar ke Jakarta dengan menumpangi kapal laut.

Beliau selalu memperhatikan burung-burung yang terbang, namun hanya muncul di bibir pantai saja. Hal ini yang menggerakkan hati beliau untuk menciptakan pesawat terbang.

Ide tersebut lalu dituangkan saat melanjutkan studinya di Rheinisch Westfälische Technische Hochschule (RWTH), Aachen, Jerman jurusan teknik penerbangan selama 10 tahun.

Setelah lulus, B.J. Habibie bekerja di perusahaan penerbangan di Jerman dan menjadi satu-satunya orang Asia yang menduduki jabatan Vice President sekaligus Direktur Teknologi di Messerschmitt-Bölkow-Blohm (MBB), Jerman, periode 1973-1978  di perusahaan tersebut.

Melihat prestasi B.J. Habibie, Presiden Soeharto mengutus Ibnu Sutowo, seorang tokoh militer Indonesia, ke Jerman untuk membujuk beliau agar bersedia melepaskan jabatannya di Jerman dan kembali ke Indonesia. 

Akhirnya beliau pun diangkat menjadi penasihat pemerintah di bidang Teknologi Pesawat Terbang dan Teknologi Tinggi hingga tahun 1978, namun tetap mempertahankan jabatannya di Jerman.

Setelah itu, beliau diangkat oleh Presiden Soeharto menjadi Menteri Negara Riset dan Tekologi tahun 1978-1998 serta terpilih menjadi Wakil Presiden Republik Indonesia pada tahun 1998.

Tragedi 1998 merupakan awal muncul Era Reformasi yang membuat B.J. Habibie naik menjadi Presiden ke-3 Republik Indonesia sejak 11 Maret 1998 - 21 Mei 1998.
Tidak hanya prestasinya, kisah cinta dengan istrinya, Ainun Habibie, pun menjadi panutan karena hidup bahagia dan romantis. Mereka dikaruniai dua anak, yaitu Ilham Akbar Habibie dan Thareq Kemal Habibie

Kini, bangsa Indonesia dan dunia kehilangan sosok B.J. Habibie. Beliau wafat pada 11 September 2019 pukul 18.05 WIB di RSPAD Gatot Soebroto. B.J. Habibie wafat di usia 83 tahun dan wafat karena gagal organ.

Meski beliau sudah tiada, namun sosoknya akan selalu menjadi panutan bangsa Indonesia. Selamat jalan, Bapak Teknologi Indonesia. Kami akan selalu mengingat nama dan jasamu.

Editor: Ria Juwita - Foto: Dok. www.wikipedia.org
 
Baca juga:

Topic

#VIP , #BJHabibie

polling

B.J. Habibie, Sosok Inspiratif Kebanggaan Bangsa

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2020 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!

SERU