Bagian Menara Eiffel Dijual, Lho! Berapa ya, Harganya?

by : Tri Puspita
Posted : December 18, 2018
Mendengar kata Eiffel pasti teringat dengan suasana romantis yang disuguhkan oleh ikon kota Paris itu. Salah satu bangunan yang pernah masuk ke dalam 7 keajaiban dunia, memang menjadi salah satu destinasi wisata yang paling diminati. Untuk kamu yang sangat ingin berkunjung ke Eiffel, yuk simak beberapa berita terbaru dari menara ini.

Seorang arsitek asal Perancis Gustave Eiffel, awalnya membangun Eiffel dalam rangka Pekan Pameran Dunia dan Perayaan Revolusi Perancis. Selama proses pembangunan, menara itu mendapat beberapa pertentangan dan hanya diperbolehkan berdiri selama 20 tahun. Namun siapa sangka bahwa Eiffel akhirnya menarik banyak pengunjung hingga surat perintah itu pun dibatalkan.
Diselesaikan hanya dalam kurun waktu 26 bulan (1887-1889), menara tersebut masih berdiri hingga sekarang. Bangunan tua itu memang mampu menarik lebih dari 6 juta pengunjung setiap tahunnya. Oleh karena itu, menara Eiffel selalu melakukan pembaharuan bangunan dan fasilitas untuk kenyamanan para pengunjungnya.

Nah, salah satu bagian bangunan yang mengalami pembaharuan fasilitas adalah tangga. Sebanyak 1.665 tangga mulai digantikan dengan lift di beberapa lantai. Akibat pembaharuan, pihak Menara Eiffel mulai menjual tangga-tangga tersebut.
Tujuan dijualnya tangga tersebut adalah agar memberikan ruang untuk lift sehingga memudahkan pengunjung naik ke atas menara. Tangga yang dijual itu merupakan salah satu dari 24 bagian tangga yang dihapus dari Menara Eiffel.
 
Pada Selasa, 27 November 2018 lalu, diadakan pelelangan satu bagian tangga Eiffel yang menghubungkan lantai dua dan tiga. Tangga spiral dengan 24 anak tangga ini berhasil terjual dengan harga 169.000 euro atau sekitar Rp 2,7 miliar. Sekarang, tangga Eiffel itu milik seorang kolektor asal Timur Tengah.
 
Nominal itu berkali lipat dari perkiraan sebelum dilelang. Awalnya, Rumah Lelang Artcurial yang melakukan penjualan hanya memperkirakan tangga spiral itu terjual senilai 60.000 euro atau sekitar Rp 983 juta.
 
Bagi pihak Rumah Lelang Artcurial, ini bukan pertama kalinya mereka melakukan acara lelang bagian tangga Menara Eiffel. Ini sudah ketiga kalinya.
 
Pelelangan pertama dilakukan pada tahun 2013, terjual seharga 220.000 euro, dan tahun 2016 bagian lain terjual dengan harga 523.000 euro.
 
Untuk bagian lain dari tangga dapat ditemukan di dua museum di Paris, Museum Musée d'Orsay dan Museum Cité des Sciences. Terdapat pula di Perancis Timur, Museum Musée de l'Histoire du Fer.
 
Tidak hanya berada di Perancis, bagian dari Menara Eiffel juga dipajang di Kebun Yoishii Foundation di Yamanashi, Jepang, dan di dekat Patung Liberty, New York, Amerika Serikat.
 
Nah, kira-kira kamu mau lihat bagian Menara Eiffel itu di mana? Atau bahkan, kamu juga mau ikut membeli bagian bangunan paling tinggi di dunia selama 41 tahun ini?

Editor: Maharani Legita - Foto: www.thelocal.fr, en.wikipedia.org

Baca Juga:

Topic

#trivia

polling

Bagian Menara Eiffel Dijual, Lho! Berapa ya, Harganya?

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.