Bapak Film Nasional Ini Jadi Ikon untuk Google Doodle Hari Ini

by : Ria Juwita
Posted : March 20, 2018
Laman Google hari ini dihiasi dengan gambar seorang laki-laki yang memegang kamera perekam bersama tiga perempuan yang berdiri di dekatnya dan ditampilkan tanpa warna, alias hitam putih. Kira-kira, siapa ya, sosok yang diangkat Google hari ini dalam Google Doodle?
 
Beliau adalah Umar Ismail, yang juga dikenal sebagai Bapak Film Nasional. Kelahiran Bukittinggi, Sumatera Barat, 20 Maret 1921 ini merupakan sutradara film Indonesia dan dianggap sebagai pelopor perfilman Indonesia. Beberapa karyanya yang paling dikenal adalah Anak Perawan di Sarang Penjamun (1962), Pedjuang (1960) dan Tiga Dara (1956) yang sempat dibikin remake-nya pada 2016 lalu.
 
Ketertarikan dirinya terhadap dunia sinematografi tidak main-main. Pada tahun 1952, Usmar Ismail sempat meraih gelar B.A di bidang sinematografi dari Universitas California, Los Angeles, AS. Saat masa pendudukan Jepang, ia juga tetap aktif menjadi pengiurus lembaga yang berkaitan dengan teater dan film.
 
Sejak tahun 1946-1948, Usmar Ismail pernah menjabat sebagai ketua Badan Permusyawaratan Kebudayaan Yogyakarta dan ketua Serikat Artis Sandiwara Yogyakarta. Jabatan ketua Akademi Teater Nasional Indonesia (1955-1965) pun sempat diembannya.
 
Tidak hanya itu, sosok yang sempat aktif di dunia politik ini juga dikenal sebagai pendiri Perusahaan Film Nasional Indonesia bersama para pengusaha film lainnya dan menjadi ketuanya sejak tahun 1954-1965.
 
Namanya semakin dikenal oleh dunia internasional saat film karyanya, Pedjuang (1961) berhasil ditayangkan di Festival Film Internasional Moskwa ke-2 dan merupakan film karya sineas Indonesia pertama yang diputar dalam festival film internasional, lho! Film Pedjuang sendiri bercerita soal dokumentasi kemerdekaan Indonesia dari Belanda.
 
Salah satu karyanya, Darah dan Doa (1950), dianggap sebagai tonggak hidupnya industri film Indonesia. Karena film ini pula, mantan Presiden B.J. Habibie bersama dengan Dewan Film Nasional menetapkan Hari Film Nasional berdasarkan hari pertama syuting film Darah dan Doa.
 
Ajang penghargaan film terkenal Piala Citra juga sempat diraih oleh laki-laki yang pernah menelurkan kumpulan puisi ini lewat dua filmnya, yaitu Lewat Djam Malam (1954) dan Tamu Agung (1955).
 
Dedikasinya di dunia sinematografi Indonesia membuat nama Usmar Ismail diabadikan sebagai pusat perfilman di Jakarta, yaitu Pusat Perfilman H. Usmar Ismail dan menjadi nama ruang konser, yakni Usmar Ismail Hall yang merupakan tempat untuk pertunjukan opera, musik dan teater.
 
Usmar Ismail menghembuskan napas terakhirnya pada 2 Januari 1971 saat usianya masih 49 tahun karena stroke. Selama hidupnya, ia sukses menghasilkan tiga drama, satu kumpulan puisi dan 25 film.
 
Dalam rangka merayakan hari kelahirannya, Google pun mengangkat sosoknya untuk ditampilkan di Google Doodle hari ini.
 
Editor: Fransiska Soraya - Foto: www.google.com, www.cinemapoetica.com
 
Baca juga:

Topic

#GoogleDoodle , #VIP

polling

Bapak Film Nasional Ini Jadi Ikon untuk Google Doodle Hari Ini

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!