Belajar Mengasuh Bayi

by :
Posted : December 21, 2010

Apa jadinya kalau di sekolah ada pelajaran “Menjadi Orang Tua Bayi”, plus pakai boneka bayi, yang bisa nangis, lapar sampai buang air? Seru banget!

Yap, Parenting class seperti ini sudah banyak di sekolah-sekolah di Amerika, Eropa, bahkan di beberapa sekolah international di Indonesia. Di kelas tersebut, para siswa langsung praktek menjadi orang tua dengan boneka bayi yang menjadi “anak”nya. Dalam proyek yang disebut dengan Baby, Think It Over ini, masing-masing siswa akan mengasuh satu anak. Bisa juga dibagi berpasangan dimana para siswa cowok berperan sebagai ayah dan cewek sebagai ibu. Kemudian, selama sekitar seminggu mereka harus merawat 'anak' tersebut, serta menuliskan laporannya.

Gampang? Nanti dulu! Boneka Baby Think It Over nggak semudah itu “ditaklukkan”. Soalnya, boneka-boneka tersebut sudah diprogram seperti bayi beneran yang bisa nangis hanya karena ingin digendong. Boneka itu harus dikasih makan teratur, bahkan bisa buang air dan harus dibersihkan. Dan jika kita nggak merawatnya dengan baik, seperti lupa kasih makan, bisa ketahuan.  Nah lho! Nggak cuma itu, sebagai orang tua, siswa juga diharuskan membuat semacam jadwal harian dan rencana masa depan untuk keluarga.

Melalui kelas ini kita bisa merasakan betapa susah dan repotnya menjadi orang tua. Makanya, Baby, Think It Over ini dijadikan salah satu program kampanye anti seks bebas dan teen pregnancy. Kabarnya, di beberapa negara program ini dianggap efektif menurunkan tingkat kehamilan remaja, sekaligus meningkatkan empati dan kesadaran para siswa.   
Tisam - Foto: Istimewa

  • polling

    Menggunakan Makeup ke Sekolah

    Penting nggak sih, menggunakan makeup ke sekolah?

    kata zodiak

    Aquarius

    Aquarius

    Saat sudah siap-siap nge-date, tapi dia membatalkan janji. Sedih!
    Pisces

    Pisces

    Tahan godaan untuk jajan aksesoris. Belum dipakai semua tuh, yang ssudah dibeli.
    Aries

    Aries

    Rumput tetangga memang selalu terlihat lebih hijau. Itulah cobaan hubungan kalian.
    Taurus

    Taurus

    Mulai berjarak karena nggak bisa saling terbuka. Duh!
    Gemini

    Gemini

    Jangan coba-coba selingkuh. Si dia bisa tahu dengan cepat, lho!
    Cancer

    Cancer

    Kamu masih saja sibuk. Hati-hati, konsentrasi terbagi bisa bikin kamu nggak optimal.
    Leo

    Leo

    Super sensitif! Kayaknya, apapun yang dilakukan si dia, salah di matamu.
    Virgo

    Virgo

    Slow income, fast outcome. Sedih, deh.
    Libra

    Libra

    Hayo, mau pilih siapa? Stop plin-plan dan tentukan pilihan.
    Scorpio

    Scorpio

    Lagi banyak salah paham. Bawaannya berantem mulu, nih.
    Sagitarius

    Sagitarius

    Complicated! Terlalu banyak orang ikut campur.
    Capricorns

    Capricorns

    Pengeluaran masih terkontrol. Syukurlah!
     
    Next >   

    More

    Hi  Kamu belum login!