Bencana Gempa di Malang dan Nusa Tenggara Barat

by : Felly Eliza Putri
Posted : August 9, 2018
Setelah pada tanggal 5 Agustus 2018 lalu, gempa mengguncang Lombok dengan kekuatan 7 SR (Skala Richter) yang banyak memakan korban, hari ini tanggal 9 Agustus 2018 gempa di Sumbawa kembali terjadi  dengan kekuatan 6,2 skala richter. Pada tanggal 8 Agustus 2018 kemarin, kota Malang juga terkena gempa dengan kekuatan 5,2 SR.
 
Gempa di Lombok pada hari Minggu, 5 Agustus 2018 yang berkekuatan 7 SR dinyatakan sebagai gempa utama utama dari gempa yang sebelumnya terjadi di pada 29 Juli 2018. Gempa tersebut terasa hingga ke Bali hingga muncul peringatan waspada Tsunami.
 
Kemudian gempa yang terjadi pada hari Rabu, 8 Agustus 2018 di Malang dirasakan di daerah Malang, Karangkates, dan Blitar dengan skala intensitas III MMI, sedangkan di daerah lain seperti Tretes, Tulungagung, Lumajang, Yogyakarta, Kuta pada skala intensitas II MMI.
 
Menurut Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono, gempa pada kedalaman 70 km di Malang dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan sesar (patahan) naik.
 
Syukurnya, gempa yang terjadi di Malang tidak berpotensi Tsunami. Gempa di Malang merupakan gempa subsiduksi yang tidak ada kaitannya dengan gempa di Lombok, karena gempa di Lombok dipicu aktivitas sesar yang jaraknya cukup jauh dari subduksi selatan Malang.
 
Belum lama dari gempa yang terjadi di tanggal 5 Agustus, berita duka datang kembali dari Nusa Tenggara Barat. Karena pada hari ini, Kamis, 9 Agustus 2018, baru saja terjadi gempa bermagnitudo dengan kekuatan 6,2 SR. Menurut BMKG lokasi pusat gempa berada di 6km ke arah barat laut Lombok Utara. Pusat gempa berada di kedalaman 12 kilometer. Syukurnya, gempa ini juga tidak berpotensi Tsunami. Gempa yang terjadi di Sumbawa ini dirasakan hingga ke kota Mataram dan NTB.
 
Indonesia memang berpotensi terjadi gempa bumi, karena posisi Indonesia berada di pertemuan tiga lempeng utama dunia, yaitu Eurasia, Indoaustralia, dan Pasifik. Wilayah Indonesia juga banyak sebaran patahan aktif atau sesar aktif. Sebanyak lebih dari 200 yang sudah terpetakan dengan baik dan masih banyak yang belum terpetakan. Hal itu membuat wilayah Indonesia dapat terjadi gempa beberapa kali dalam satu waktu.
 
Editor: Maharani Legita - Foto: www.cnn.com
 
Baca Juga:

Topic

#Trivia

polling

Bencana Gempa di Malang dan Nusa Tenggara Barat

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.