Christian Dior, Berawal dari Hobi Menggambar Sketsa

by :
Posted : May 27, 2013

Siapa yang nggak kenal dengan brand pakaian Dior? Rumah mode ini merupakan salah satu yang terkenal di dunia. Banyak seleb Hollywood yang memakai rancangan Dior terbarunya. Tapi, siapa yang menyangka kehebatan Christian Dior ini berawal dari toko kain katun kecil.

Desainer asal Prancis ini lahir di keluarga pengusaha pupuk yang terkenal. Keluarganya menginginkan Dior menjadi seorang diplomat. Akhirnya, ia pun bersekolah di Ecole des Sciences Politiques. Namun, ternyata dunia seni tidak bisa lepas darinya. Untuk mendapatkan uang tambahan, Dior menjual sketsa pakaian di luar rumahnya. Melihat kecintaannya terhadap seni, ayahnya pun memberikan uang untuk mendirikan galeri seni pada 1928.

Perancang kelahiran 19 Januari 1905 ini terpaksa menutup galerinya karena resesi yang dialami orangtuanya. Pada 1938, ia pun bekerja dengan Robert Piquet  untuk membuat sktesa pakaian. Dior juga sempat menjadi desainer utama di rumah mode Lucien Lelong selama masa Perang Dunia II.  Saat itu, ia sering merancang gaun untuk para istri perwira Nazi dan pejabat Prancis. Ironisnya, ketika Dior merancang untuk Nazi, adiknya yang anggota perlawanan ditangkap dan dipenjara oleh Nazi.

Pada 16 Desember 1946, Dior memberanikan diri membuka rumah busananya sendiri. Dibantu oleh pengusaha kain katun Marcel Boussac, Dior memulai show-nya yang pertama. Ia memperkenalkan ciri khas outfit-nya yang disebut New Look. Gaya ini merupakan bentuk protes pembatasan kain saat perang. Dior sengaja menggunakan kain sepanjang 20 meter dalam desainnya. Awalnya, banyak perempuan yang tidak menyukai karyanya. Dior dinilai berlebihan. Nggak ada satu pun perempuan yang mau memakai pakaian sepanjang itu. Bahkan, ketika ada sesi pemotretan di sebuah majalah, ada seorang vendor memarahi model yang memakai outfit Dior.     

Namun, penolakan demi penolakan justru menjadi motivasi Dior untuk desain dengan karakternya sendiri. Motivasinya itu membuahkan hasil. Dior dianggap sebagai salah satu desainer yang original, inovatif, dan sulit ditiru. Ia bisa menampilkan siluet yang berbeda di setiap rancangannya. Ia membuat para perempuan di masa itu untuk selalu modis dan mengikuti tren fesyen. Nggak heran rumah modenya masih diperhitungkan hingga saat ini. Christian Dior sendiri wafat 23 Oktober 1957 karena serangan jantung saat berlibur ke Italia. Namanya pun diabadikan di beberapa karya buku dan musik. Salah satunya adalah lagu Christian Dior yang dinyanyikan Morissey. Ayu – Foto: SIPA Press


   

polling

Christian Dior, Berawal dari Hobi Menggambar Sketsa

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!