Coba Tren Menabung Kakeibo Asal Jepang, Yuk!

by : Audrey Natasha Meyer
Posted : January 17, 2020
Sudah mencoba berbagai cara untuk berhemat, tetapi masih sulit untuk menyisihkan uang untuk ditabung? Don’t worrygirls! Kamu bisa mencoba tren menabung Kakeibo untuk mengatur keuanganmu di tahun ini. Kakeibo sendiri merupakan jurnal tradisional Jepang yang digunakan sebagai tracker keuangan kita. Hmm… Bagaimana cara memulai teknik menabung yang satu ini, ya? 
 
Kalau kamu sudah familiar dengan tren menulis bullet journal, kamu bisa dengan mudah mengaplikasikan teknik Kakeibo. Tidak hanya berisikan data pengeluaran dan target pemasukan, jurnal Kakeibo juga disertai dengan peribahasa Jepang yang memotivasi masyarakat Jepang untuk mencapai goals tertentu, lho!
 
Kebiasaan masyarakat Jepang dalam mengaplikasikan seni hidup minimal dalam keseharian merekalah yang mendasari teknik menulis jurnal keuangan semacam Kakeibo ini. Kamu pun bisa mencoba melakukan teknik Kakeibo sendiri di rumah dengan menjadikan 4 pertanyaan ini sebagai indikator.
 
Pertama, “Berapa banyak sisa uang yang kamu miliki?”. Kamu bisa menentukan poin ini dengan menyisihkan pemasukan yang kamu punyai dari pengeluaran sehari-harimu.
 
Kedua, “Berapa banyak uang yang ingin kamu simpan?”. Tentukan target uang yang ingin kamu tabung dan perhatikan pengeluaranmu selama seminggu. Apabila pengeluaran uangmu tidak melebihi target pemasukan, kamu sudah mulai memahami cara untuk berhemat.
 
Ketiga, “Berapa banyak uang yang kamu pakai?”. Jangan lupa untuk mencatat setiap pengeluaran uangmu, ya! Agar nantinya kamu bisa mencocokkan total pengeluaran dengan target uang yang pengin kamu tabung.
 
Terakhir, “Bagaimana cara mengembangkan diri?”. Pastikan kamu selalu memperhatikan perkembangan tabunganmu setiap minggu dan bulan. Hal ini akan membantumu menyadari apakah target pemasukanmu sudah dapat kamu capai. Bila kamu sudah terbiasa dengan metode ini, kamu bisa memperbesar jumlah target tabunganmu, lho!
 
Bagaimana, girls? Tertarik, nggak, nih untuk menjalankan teknik menabung Kakeibo ala masyarakat Jepang? Selamat mencoba, ya! Psst... Bagi kamu yang pengin membeli langsung buku jurnal Kakeibo, klik di sini!
 
Editor: Ria Juwita - Foto:www.marieclaire.co.ukwww.freepik.com
 
Baca juga:

Topic

#LifeHacks

polling

Love Language

Seperti bentuk bahasa kasih sayangmu?

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2020 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!