Dihantui Penyakit Asma

by :
Posted : January 9, 2012

Kalau asma menyerang, biasanya kita bakal sulit bernapas. Soalnya saluran pernapasan kita menyempit sebagai reaksi terhadap suatu rangsangan. Kalau sudah begitu, nggak cuma sakit, kita juga bakal diselimuti kepanikan luar biasa. Tapi, sebenarnya seberapa berbahayakah penyakit ini?

Penyebab Kemunculan
Ada banyak hal yang bisa memicu kemunculan penyakit asma. Uniknya, hal yang memicu asma untuk setiap penderita belum tentu sama. Jadi, seperti halnya alergi, kalau ada yang memicu, reaksinya pun langsung muncul. Pemicu asma yang paling umum dan sering jadi penyebab adalah udara dingin, kelelahan, debu, bulu binatang, asap atau olahraga. Umumnya sih penyakit ini sudah terdeteksi sejak kita masih kecil. Nah, ada yang dengan sendirinya sembuh (baca: nggak kambuh lagi) setelah kita dewasa tapi ada juga yang terus berlanjut.

Gejala
Sebelum asma datang menyerang, ada beberapa tanda yang sebenarnya sudah bisa kita lihat dan mesti diwaspadai. Misalnya saja, batuk, flu, sesak napas dan juga dengan napas yang pendek dan berbunyi. Kalau beberapa gejala ini sudah muncul, kemungkinan besar kita bakal menderita serangan asma. Seberapa sering dan beratnya serangan asma juga berbeda-beda pada tiap penderita. Kalau sedang mengalami serangan yang berat, kita bisa-bisa sulit berbicara dan kulit membiru. 

Basmi, basmi, basmi
Salah satu obat paling ampuh buat mengatasi serangan asma adalah bronkodilator yang tersedia dalam bentuk tablet, suntikan atau yang paling sering digunakan yaitu inhaler (obat yang dihirup). Fungsi obat ini adalah untuk merangsang pelebaran saluran pernapasan supaya kita bisa bernapas lebih lega. Tapi, cara paling aman membasmi serangan asma adalah mencegahnya terjadi. Ini bisa kita lakukan dengan mengetahui apa saja yang memicu kita terkena serangan. Dengan begitu, kita bisa menghindari hal-hal yang bisa membuat kita terserang asma. Marissa - Foto: Istimewa


Klik juga yang ini:


polling

Dihantui Penyakit Asma

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!