Exclusive Interview with Toshio Suzuki, Salah Satu Founder Studio Ghibli

by : Fransiska Soraya
Posted : April 3, 2017
Penggemar film animasi keluaran Studio Ghibli tentunya nggak asing lagi dengan nama Toshio Suzuki. Ya, salah satu founder Studio Ghibli ini menyempatkan datang ke Jakarta pada 30 Maret 2017 lalu dalam rangka peresmian Festival The Ghibli World Jakarta yang memutar 22 film Ghibli pada 1 April-7 September 2017 di 17 kota di Indonesia. Dalam kesempatan itu, GADIS mendapat kesempatan untuk ngobrol langsung dengan Toshio Suzuki, lho! Berikut adalah obrolan singkat GADIS dengan beliau.
 
GADIS (G): Hai, Toshio! GADIS sangat kagum dengan film-film animasi Ghibli yang sangat magical. Personally, film Ghibli mana yang paling bermakna bagi Toshio?
Toshio (T): Seperti orangtua yang memiliki banyak anak, aku nggak bisa memilih mana yang menjadi favorit aku. Nggak bisa membeda-bedakan, karena semuanya dibuat dengan sepenuh hati.
 
G: Apakah film-film Ghibli berencana dibuat versi live action?
T: Sejauh ini sih, tidak. Menurut aku, film animasi yang dibuat versi live action itu berarti si pembuat film sedang kehabisan ide ingin membuat film seperti apa lagi. Hehehe…
 
G: Nggak hanya cerita film yang magical dan bermakna, tapi scoring lagu film Ghibli pun sangat menyatu dengan filmnya. Bagaimana sih, proses kreatifnya?
T: Wah, itu pertanyaan yang cukup sulit ya, hehehe… Sebenarnya sih, proses kreatifnya adalah sutradara Hayao Miyazaki menciptakan terlebih dahulu plot ceritanya akan seperti apa. Lalu, Hayao menceritakan plot itu kepadaku. Setelahnya, aku mengadakan meeting dengan komposer Joe Hisaishi untuk dibuatkan kira-kira akan seperti apa lagu-lagu untuk menggambarkan cerita tersebut. 
 
G: Banyak film-film Ghibli yang memiliki tokoh utama seorang perempuan dengan karakter kuat. Apakah yang menjadi latar belakang hal itu?
T: Perempuan memiliki pemikiran yang dinamis, variatif dan kuat. Sedangkan, pemikiran laki-laki itu cukup stagnan dan datar. Hahaha… Makanya, banyak sekali film-film Ghibli yang lebih mengangkat soal women empowerment.
 
G: O iya, film-film Ghibli juga banyak menggunakan simbol-simbol yang mengandung makna tersirat. Lalu, bagaimana caranya agar setiap orang yang menonton film tersebut bisa mengerti makna-makna simbol itu?
T: Hayao sebagai orang yang menggambar ilustrasi dari film-film Ghibli selalu berusaha membuat animasi yang senyata mungkin dengan kenyataan. Seperti yang ada di Spirited Away (2001), Dewa Sungai dengan bau busuk yang diceritakan dalam film itu memiliki makna agar orang tidak membuang sampah sembarangan, supaya Dewa Sungai tidak menjadi bau seperti itu. Bahan: Indah Nainggolan – Foto: Indah Nainggolan
 
Baca juga:
Festival The Ghibli World Siap Hadirkan 22 Film Ghibli di Indonesia
4 Film Drama Jepang Wajib Tonton Tahun 2017
Manga Jepang Itazura na Kiss Kembali Diadaptasi Jadi Live Action
  •  

Topic

#VIP

polling

Exclusive Interview with Toshio Suzuki, Salah Satu Founder Studio Ghibli

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!