Fenomena Hari Tanpa Bayangan, Ini Dia yang Harus Dipersiapkan!

by : Novika Dyah P.
Posted : March 21, 2018
Ketika kita berjalan-jalan di luar ruangan saat siang hari, pasti akan ada bayangan objek di permukaan tanah. Tapi, bagaimana ya, rasanya saat panas terik, tapi nggak ada bayangan yang muncul?
 
Fenomena alam Hari Tanpa Bayangan merupakan kejadian dimana matahari akan berada tepat di atas kepala. Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mengumumkan, fenomena langka ini dapat terjadi, karena matahari berada di atas garis khatulistiwa. Oleh karena itu, benda-benda atau objek yang berada tepat di garis khatulistiwa nggak akan memiliki bayangan pada hari itu.
 
Para ilmuan menyebutkan, fenomena alam yang terjadi kali ini menjadi pertanda munculnya musim panas di belahan bumi utara, serta musim dingin di belahan bumi selatan. Fenomena ini akan terjadi dua kali dalam setahun, yaitu pada 21 Maret dan 23 September.
 
Hari Tanpa Bayangan sendiri hanya terjadi di beberapa tempat, tepatnya di kota-kota yang dilintasi oleh garis khatulistiwa, misalnya kota Pontianak, Kalimantan Barat. Pada saat itu, matahari akan mencapai titik puncak atau kulminasi tepat pada pukul 11.50 WIB.
 
Nah, walaupun kota kamu nggak mengalami Hari Tanpa Bayangan, nggak ada salahnya lho, untuk bersiap-siap, terlebih lagi bagi kamu yang akan beraktivitas di luar ruangan. Untuk menghindari paparan sinar matahari secara langsung, kamu bisa menggunakan payung, topi, atau untuk perlindungan yang lebih lengkap jangan lupa mengoleskan sunblock, agar kulitmu terlindungi.
 
Satu lagi nih, yang harus kamu tahu soal fenomena Hari Tanpa Bayangan. Saat Hari Tanpa Bayangan terjadi, perangkat teknologi yang menggunakan satelit akan sedikit mengalami gangguan, seperti Very Small Aperture Terminal (VSAT), telepon satelit, serta teve kabel yang menggunakan parabola. Perangkat tersebut akan mengalami sun outage, atau nggak bisa mendapatkan sinyal, karena satelit pemancar berada dekat dengan Matahari. Editor: Fransiska Soraya - Foto: www.wework.com
 
Baca juga:

Topic

#Trivia

polling

Fenomena Hari Tanpa Bayangan, Ini Dia yang Harus Dipersiapkan!

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!