Frans Kaisiepo, Pahlawan Nasional dari Papua Barat!

by : Priska Zahra
Posted : January 1, 2017
Beberapa waktu lalu, netizen Indonesia sempat heboh dengan seorang pahlawan yang muncul di uang Rp.10.000,-. Sebenarnya siapa sih, pahlawan tersebut. Yuk, kenalan!
 
Frans Kaisiepo salah satu pahlawan nasional yang tumbuh dengan jiwa kebangsaan sejak muda. Waktu masih belia, Frans sempat menyelamatkan sang pendiri Partai Kemerdekaan Indonesia Irian (PKII) bernama Silas Papare yang ditangkap oleh Belanda. Bagi Frans, nama Irian (nama wilayah Papua Barat dulu) punya arti besar. Irian berasal dari bahasa Biak yang berarti beruap. Ia dan beberapa rekannya berinsiatif untuk menyatukan Irian agar menjadi bagian dari Indonesia. Kebenciannya dengan Pemerintahan Belanda juga membuatnya mati-matian membela Irian. Frans ikut dalam Republik Indonesia Anti Netherland dan bersama rakyat Biak terus mengadakan perlawanan menentang Belanda ada di Irian.
 
Lelaki yang lahir di Wardo, 10 Oktober 1921 ini bahkan rela lho, dihukum dan diasingkan ke daerah terpencil karena menolak diangkat sebagai anggota delegasi Belanda saat Konferensi Meja Bundar (KMB). Ketika KMB menghasilkan keputusan pengakuan kedaulatan terhadap Negara Republik Indonesia, Belanda bersikeras bahwa Irian masuk dalam wilayahnya. Maka di tanggal 19 Desember 1961, Soekarno mengumandangkan Trikora dan membebaskan Irian dengan operasi Militer. Kala itu, Frans Kaisiepo turut aktif membantu TNI untuk mendarat di Irian Barat.

Ketika Trikora berakhir di tanggal 1 Mei 1963, secara resmi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyerahkan Irian Barat kepada pemerintah RI. Frans Kaisiepo lalu diangkat menjadi gubernur yang pertama kali melaksanakan Penentuan Pendapat Rakyat (PEPERA). Karena jasa-jasanya ini, nama Frans Kaisiepo diabadikan sebagai nama bandara di Biak, Papua Barat, dan nama kapal perang korvet kelas Sigma milik TNI AL, yaitu KRI Frans Kaisiepo. Frans meninggal dunia pada 10 April 1979 dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Cendrawasih, Biak. Editor: Legita - Foto: www.pahlawanindonesia.com
 

polling

Frans Kaisiepo, Pahlawan Nasional dari Papua Barat!

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!