Garda Satwa Indonesia, Komunitas Pencinta Anjing dan Kucing

by : Immi Sefa
Posted : February 20, 2018
Melihat banyaknya perlakuan kurang baik yang terjadi pada anjing dan kucing,  sekelompok pecinta hewan tergerak hatinya untuk membentuk suatu komunitas dalam penyelamatan hewan domestik. Anton Sri Hendarianto, Guntur Romli, Cyrill Raoul Hakim, Fanny Wiriaatmadja, Davina Veronica, Dhini Damayanti dan Caesara Paramita kemudian mendirikan komunitas Garda Satwa Indonesia.
 
Garda, si Penjaga
Berdirinya Garda Satwa Indonesia (GSI) berawal dari sebuah komunitas yang didirikan 1 Juni 2012. Pada tanggal 14 September 2014, komunitas ini resmi menjadi yayasan yang begerak di bidang kesejahteraan satwa domestik peliharaan. Nama Garda dipilih karena memiliki arti sebagai penjaga atau pelindung. Jadi Garda Satwa Indonesia artinya adalah penjaga satwa Indonesia.
 
GSI berharap kalau suatu saat negara Indonesia memiliki hukum perlindungan satwa dan dapat dilaksanakan dengan baik, sehingga masyarakat sadar bahwa tindakan penyiksaan dan penelantaran satwa merupakan tindakan kriminal. Selain itu, agar masyarakat peduli bahwa kesejahteraan satwa merupakan tanggung jawab kita semua sebagai manusia.
 
Saat ini, basis komunitas GSI hanya di Jakarta, memiliki 14 orang pengurus harian dan puluhan relawan. Selain menyelamatkan hewan, Garda Satwa Indonesia juga memiliki beberapa kegiatan yang sering dilakukan, seperti edukasi tentang hewan pada anak sekolah, rescue-rehab-rehome, pembuatan payung hukum, melakukan steril dan vaksin bersubsidi juga street feeding stray aninal (memberi makan hewan di jalan).
 
Melayani Adopsi
Hewan-hewan yang telah diselamatkan oleh GSI saat ini ditampung di penampungan Depok dan Bekasi. Jumlah anjing yang telah diselamatkan ada 63 ekor, sedangkan untuk kucing ada 20 ekor. Hewan-hewan tersebut sudah dalam kondisi layak dan steril.
 
GSI juga memberi jalan bagi siapapun yang ingin mengadopsi hewan yang telah diselamatkan. Kalau kamu ingin mengadopsi, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, yaitu:
1. Komitmen (finansial, waktu, dan kasih sayang) seumur hidup
2. Rumah berpagar kuat
3. Seluruh anggota keluarga setuju
4. Adopter dan anggota keluarga tidak alergi
5. Rumah adopter wajib disurvei dan adopter wajib mengisi form dan wawancara
 
Jika kamu ingin menjadi anggota sekaligus relawan dalam menyelamatkan hewan-hewan ini, ada dua syarat yang harus kamu penuhi: kamu harus cinta dan peduli pada  hewan. Kamu bisa menghubungi GSI di akun instagram mereka di @gardasatwaindonesia atau cek Facebook-nya di Garda Satwa Indonesia. Serta website resminya di www.gardasatwaindonesia.org. Editor: Maharani Legita – Foto: dok. FB & IG GSI, indonesiaexpat.biz, dreamers.id, tribunnews.com
 
 
Baca Juga:

Topic

#trivia

polling

Garda Satwa Indonesia, Komunitas Pencinta Anjing dan Kucing

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.

Hi  Kamu belum login!