Gempa Vulkanik Jadi Penyebab Tsunami yang Menimpa Selat Sunda

by : Maulida Belliana Putri
Posted : December 31, 2018
Di penghujung tahun 2018 ini, Indonesia kembali berduka akibat bencana yang menimpanya. Sabtu, 22 Desember 2018 lalu, wilayah pesisir pantai Banten dan Lampung diterjang bencana tsunami yang disebabkan oleh erupsi anak Gunung Krakatau. Tercatat hingga 31 Desember 2018, dikabarkan terdapat 437 korban meninggal, 1.459 korban luka-luka, dan 16 korban hilang.
 
Bencana yang datang secara tiba-tiba ini sebelumnya tidak terdeteksi sistem peringatan dini tsunami BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika). Hal ini terjadi karena tsunami yang terjadi di Selat Sunda disebabkan oleh gempa vulkanik, sementara sistem milik BMKG hanya mendeteksi tsunami yang terjadi karena gempa tektonik.
 
Inilah alasan tidak ada peringatan dini tsunami sebelumnya. Warga pun sempat mengira gelombang tinggi yang menerjang pesisir barat Banten pada pukul 21.27 WIB, 22 Desember 2018 lalu itu bukanlah tsunami. Bahkan, pada malam itu BMKG sempat membantah telah terjadi tsunami.
 
Sebanyak lima kabupaten di Banten dan Lampung terkena dampaknya. Kabupaten Pandeglang merupakan wilayah yang mengalami kerusakan terparah dengan jumlah korban meninggal terbanyak. Kabupaten lain yang mengalami kerusakan, yaitu Serang, Lampung Selatan, Pesawaran, dan Tanggamus.
 
Pada tanggal 31 Desember 2018, Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB menyebut jumlah korban di Pandeglang mencapai 296 orang. Korban meninggal kebanyakan adalah wisatawan. Hal ini  disebabkan oleh libur panjang akhir pekan, ditambah cuti bersama dan perayaan Natal. Di Pandeglang terdapat tempat wisata yang banyak dikunjungi, yaitu Tanjung Lesung.
 
Sutopo juga menginfokan jumlah kerusakan yang terjadi hingga 31 Desember 2018. Sebanyak 2.752 rumah rusak, 92 warung dan penginapan rusak, 510 perahu dan kapal rusak, 147 kendaraan roda dua dan roda empat rusak, satu dermaga hancur, dan beberapa kerusakan fasilitas publik lainnya.
 
Sejumlah publik figure pun ikut menjadi korban meninggal dari tsunami yang melanda Selat Sunda ini, yaitu tiga dari empat anggota band Seventeen, Herman (gitaris), Bani (bassist), dan Andi (drummer), serta komedian Heriyanto atau yang lebih dikenal dengan  Aa Jimmy (parodi Aa Gym).
 
GADIS turut berduka cita sedalam-dalamnya atas bencana alam ini. Semoga lokasi yang diterjang tsunami bisa segera pulih, begitu juga dengan para korban dan keluarga korban yang ditinggalkan.
 
Editor: Ria Juwita Foto: www.cnn.com
 
Baca juga:

Topic

#Trivia

polling

Gempa Vulkanik Jadi Penyebab Tsunami yang Menimpa Selat Sunda

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.