Google Doodle Rayakan Ulang Tahun Penulis dan Jurnalis Gabriel García Márquez

by : Ria Juwita
Posted : March 6, 2018
Hari ini, di tanggal 6 Maret 2018, laman www.google.com dihiasi oleh doodle warna-warni yang menghadirkan ilustrasi perempuan dan laki-laki yang dimeriahkan dengan gambar dedaunan, juga kereta api, rumah, kapal, kupu-kupu yang bergerak dan wajah laki-laki berkumis yang ditampilkan dari sisi samping. Tokoh siapa yang sebenarnya digambarkan oleh Google Doodle di hari ini?
 
Dia adalah Gabriel García Márquez, seorang novelis, penulis cerita pendek, screenwriter dan jurnalis asal Kolombia. Google Doodle mengangkat sosoknya dalam rangka merayakan ulang tahun Gabo, panggilan akrabnya, yang ke-91 di hari ini, 6 Maret 2018.
 
Lahir di Aracataca, Kolombia, Gabo memang sudah memiliki skill menulis sejak masih SMA. Saat itu, ia mempublikasikan karya puisi pertamanya di Juventud, mading sekolahnya.
 
Nggak hanya menjadi penulis karya sastra, laki-laki yang juga sempat kuliah Hukum di Universidad Nacional de Colombia ini merupakan jurnalis koran El Universal sejak tahun 1948-1949.
 
Laki-laki yang bersahabat dengan pemimpin Kolombia, Fidel Castro, ini pertama kali menerbitkan novelnya pada tahun 1955, yang berjudul Leaf Storm. Sementara kumpulan cerita pendek pertamanya sudah dibukukan sejak tahun 1947 dengan judul Eyes of a Blue Dog.
 
Tapi, nama Gabriel García Márquez mulai dikenal dunia saat dirinya menerbitkan novel berjudul One Hundred Years of Solitude pada tahun 1967. Ceritanya yang menggabungkan antara dunia magic dan kenyataan ini mendapat apresiasi tinggi dan dianggap sebagai karya penting untuk dunia literatur di abad 20.
 
Karya-karyanya sebagai penulis bahkan membuat dirinya dianggap oleh Presiden Kolombia sebagai “the greatest Colombian who ever lived”. Hal ini pun dibuktikan dengan berhasilnya Gabo meraih Nobel Kesastraan pada tahun 1982.
 
Pada tahun 1999, Gabriel García Márquez didiagnosa mengidap kanker getah bening dan meninggal tanggal 17 April 2014 di usianya ke-87 karena radang paru-paru yang juga diidapnya. Selama masa hidupnya, Gabo sudah menelurkan 25 karya dalam bentuk novel, kumpulan cerpen dan screenplay.
 
Ilustrasi yang digambarkan oleh Google Doodle hari ini pun mewakili hutan Amazon dan kota ajaib Macondo (sebuah kota fiksi) yang ada di buku A Hundres Years of Solitude karya Gabo yang mendunia.
 
Editor: Leoni Sihombing – Foto: www.google.com, www.moma.az
 
Baca juga:

Topic

#GoogleDoodle , #VIP

polling

HUT Jakarta

Apa yang terbersit di benakmu saat mendengar kata "Jakarta"?

kata zodiak

Aquarius

Aquarius

Pacar mulai nggak mau mendengarkan pendapatmu, nih!
Pisces

Pisces

Ada simpanan untuk bersenang-senang.
Aries

Aries

Aktif ikut kegiatan di sekolah juga bisa menambah pengalaman dan teman, lho!
Taurus

Taurus

Bersyukurlah kamu punya pacar yang super sabar.
Gemini

Gemini

Masih cukup dana untuk melakukan hobimu.
Cancer

Cancer

Kejutan-kejutan kecil membuat hubungan kalian semakin berarti.
Leo

Leo

Boleh saja mengenang masa lalu. Tapi, harus tetap bisa move on, ya!
Virgo

Virgo

Ada pengeluaran yang terduga yang cukup besar, nih!
Libra

Libra

Bersikap manis memang bagus. Asal jangan berlebihan.
Scorpio

Scorpio

Sekali-kali gunakan logikamu, ya. Jangan hatimu saja.
Sagitarius

Sagitarius

Wajar kok, kalau kalian sering berantem di awal pacaran.
Capricorns

Capricorns

Kebiasaanmu membuang-buang uang muncul lagi, nih! Duh!
 
Next >   

More
© 2019 Gadis Femina Group. All Rights Reserved. | By fdvs team.