Hal Ini Bikin Kamu Bijak dan Cerdas Kelola Uang!

by : Tami Wulandari Nasution
Posted : September 23, 2017
Siapa nih di antara teman-teman GADIS yang masih belum bijak dan cerdas dalam menggunakan atau mengelola keuangan alias boros? Buat kamu yang pengin belajar untuk bijak mengelola keuanganmu, yuk intip beberapa hal ini!
 
Kenali pengambilan keputusanmu
Yuk, mulai sekarang kenali perilaku pengambilan keputusan keuanganmu! Sadar nggak sadar, tiap harinya kamu pun mengambil keputusan soal keuanganmu. Mulai dari beli makanan, barang ataupun hangout bersama teman-teman.
 
Agar pengeluaran keuanganmu itu nggak berlebihan, yuk coba kenali dulu apa sih yang membuat kamu menggunakan uang itu. Apakah hal-hal itu memang penting, pengin mengikuti teman, tren ataukah karena diskon? Mulai sekarang coba pikirkan kembali apakah keputusanmu membeli sesuatu atau menggunakan uang sudah tepat atau belum.
 
Tentukan nilai
Kalau ngomongin nilai sama artinya ngomongin penting atau nggak hal itu. Nilai itu sebenarnya adalah segala hal yang menurutmu penting. Nah, nilai yang kamu miliki ini akan terlihat dari pengambilan keputusan sehari-hari kamu termasuk soal keuangan.
 
Nilai ini penting karena akan mengarahkan hidup nantinya, apalagi arah keuangan kita nantinya. Jadi, jangan sia-siakan uang yang kamu miliki untuk membeli sesuatu atau menggunakan uang tanpa tujuan yang jelas, ya!
 
Tetapkan tujuan
Di usia remaja, kamu akan dihadapkan oleh berbagai macam pilihan, nih. Banyaknya pilihan yang ada itu jangan sampai membuat kita salah langkah dalam mengambil keputusan keuangan, lho.
 
Oleh karena itu, penting nih bagi kamu untuk menetapkan tujuan dalam menggunakan uang yang kamu punya. Jika kamu nggak punya tujuan, kamu akan cenderung sulit untuk menentukan pilihan, lho.
 
Libatkan orang tua
Setelah lakukan hal-hal yang telah GADIS sebutkan sebelumnya, nggak ada salahnya kamu juga libatkan orang tua kamu untuk #BICARAUANG alias ngomongin masalah keuanganmu itu. Kamu bisa lho ajak berdiskusi dan meminta bantuan orang tuamu jika menurutmu masalah keuangan membuatmu bingung.
 
Nah, sebelum #BICARAUANG dengan orang tuamu seperti yang dikampanyekan oleh PermataBank, kamu pun juga bisa lho cari tahu lebih dalam soal keuangan lewat buku pedoman yang dibuat oleh PermataBank dan WeCan, konsultan psikologi di Indonesia ini.
 
Buku pedoman ini bisa kamu download gratis di website www.bicarauang.com atau di sini yang bisa buat kamu jadi lebih paham lagi cara mengelola keuangan. Yuk, mulai cerdas dan bijak mengelola uang! Editor: Indah Nainggolan - Foto: www.pixabay.com
 
Baca Juga:

Topic

#trivia , #lifehacks , #BICARAUANG